STUDENT IMMERSION PROGRAMME UiTM KE UNAYA

Fakultas Kedokteran University Teknologi Mara, Malaysia pada tanggal 7 Juli 2019 melaksanakan program Immersion Student ke Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama Aceh. Program ini memiliki tujuan sebagai peluang untuk belajar dan memahami keilmuaan kedokteran secara global dengan harapan pengayaan knowledge dan skill mahasiswa kedokteran.

Kunjungan diawali dengan melakukan pertemuan kepada pimpinan  Universitas Abulyatama dengan mahasiswa IUTM. Penyambutan dan penerimaan langsung dihadiri oleh Rektor Ir.R.Agung Efriyo Hadi, M.Sc., Ph.D, didampingi oleh para Wakil rektor serta pihak dekanat Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama dan beberapa orang mahasiswa perwakilan BEM FK Abulyatama.

Para mahasiswa UiTM memiliki kesempatan untuk melakukan kegiatan Tour kampus didampingi perwakilan BEM FK UNAYA. Para mahasiswa UiTM melihat dan terlibat dalam kesempatan mengikuti kegiatan akademik di Fakutas Kedokteran seperti kuliah pakar, tutorial, skill lab dan praktikum laboratorium dasar.

Selepas kegiatan tersebut, Mahasiswa UiTM melanjutkan kegiatan klinik bersama mahasiswa Ko-ass Abulyatama di RSUD Meuraxa serta ikut melakukan pembelajaran klinis bersama para dokter spesialis di rumah sakit milik Abulyatama RS. Pertamedika Ummi Rosnati selama beberapa hari. Mahasiswa dari UiTM tidak hanya melakukan kegiatan belajar saja namun para mahasiswa program immersion ikut diperkenalkan terhadap budaya, sejarah dan keindahan alam bumi aceh.

Menurut penuturan salah satu mahasiswa UiTM (khalyda), selama mengikuti kegiatan di program ini mereka mendapatkan banyak hal baru, dimana mereka bisa langsung bersinggungan dengan pasien bersama pendampingan yang nyaman dan aman oleh dokter spesialis beserta perawat ruangan maupun poliklinik di kedua rumah sakit tersebut. Dekan Fakultas kedokteran dr.Fachrul Jamal Sp.An.KIC dalam acara Sharing experience students UiTM dan UNAYA menyampaikan harapan jika program ini dapat berjalan secara berkelanjutan untuk memperoleh referensi-refensi yang lebih dari universitas-universitas yang hendak berkunjung ke Universitas Abulyatama khususnya Fakultas Kedokteran Abulyatama yang pada saat ini secara mutu telah terakreditasi B.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *