UNAYA RAPAT KERJA TAHUNAN DENGAN KETUA YAYASAN ABULYATAMA

Pengembangan Perguruang Tinggi di Era Globalisasi seperti saat ini perlu terus ditingkatkan, hal ini yang mendasari Ketua Yayasan Abulyatama melakukan rapat kerja akademik tahunan dengan civitas akademika Universitas, STMIK dan AKPER. Rapat kerja dihadiri dari unsur struktural, Rektor beserta Para Wakil Rektor, Ka LPJM, Ka LPPM, BAA, BAU, para Dekan, para Wakil Dekan dan Ka Prodi, Ka Lab Bahasa, Ka Lab Terpadu, Ketua STMIK, Direktur AKPER dan dosen. Kegiatan rapat kerja ini berlangsung selama tiga hari 13 s/d 15 Maret 2018. Kegiatan ini bertujuan agar semua program-program dari dari unsur Rektorat, Dekanat hingga ke Program Studi berjalan baik sebagaimana yang diharapkan. Kegiatan ini tidak hanya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Universitas Abulyatama, namun juga untuk mempersiapkan proses Akreditasi Program Studi dapat memberikan hasil yang baik, terutama bagi program studi yang akan mengajukan Re-Akreditasi.

Rapat Kerja Pimpinan ini dimulai dari Fakultas Ekonomi, Dekan menyampaikan kegiatan – kegiatan akademik yang sudah dan yang sedang berjalan. Dekan Ekonomi menyampaikan bahwa selama ini dalam proses capaian pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Pada pemaparannya Dekan Fakultas Ekonomi UNAYA didampingi tiga Ka. Prodi, Pemaparan Ka. Prodi Managemen memiliki mahasiswa terbanyak, di ikuti prodi Akuntansi, dan yang berikutnya adalah prodi Ekonomi Pembangunan. Menurut hemat kami Fakultas Ekonomi harus bekerja keras agar ditahun ajaran baru nanti Fakultas Ekonomi bisa meningkatkan jumlah Mahasiswa dari tahun sebelumnya. Dekan Fakultas Ekonomi juga menyampaikan salah satu upaya meningkatkan minat calon mahasiswa ke prodi di bawah naungan Fakultas Ekonomi, haruslah memiliki strategi yang tepat, yaitu pemberian beasiswa dan juga kerjasama dengan pihak Eksternal dan Internal. Salah satu terobosan dilakukan fakultas ekonomi adalah dengan MOU BNI life, salah satu poin kerjasama BNI life adalah siap melakukan rekrutment mahasiswa baru. Selanjutnya dekan menyampaikan permasalahan yang dihadapi oleh Program Studi diantaranya masih sangat minimnya publikasi dan penelitian dari dosen, baik penerima dana hibah atau dana lainnya. Ini sebuah fenomena terjadi di Fakultas Ekonomi Abulyatama.

Untuk memperbaiki kondisi tersebut, Menurut Bapak Dekan Ekonomi perlu ada solusi misalnya diberikan kucuran dana penelitian yang bersumber dari yayasan Abulyatama sebagai motivasi para Dosen untuk terus meningkatkan Jumlah Penelitian. Kurangnya minat dosen publikasi akan berdampak pada nilai akreditasi yang akan datang. Begitu juga pengabdian masyarakat tidak jauh berbeda dengan data penelitian Dosen. sangat minim dosen melaksanakan kegiatan tersebut, untuk memenuhi hal tersebut, maka perlu dukungan rektorat dan LPPM. Dekan juga menyampaikan program pengadian masyarakat akan difasilitasi fakultas yang rencana dilaksanakan di Saree Aceh Besar nanti.

Ketua Yayasan menanggapi presentasi Dekan Ekonomi, beliau berharap perlu konsistensi seluruh dosen, dekan, wakil dekan dan prodi, melakukan pembenahan yaitu rapat rutin ditingkat fakultas, mendorong dosen membuat publikasi, memperbanyak kegiatan seminar, pelatihan, kuliah umum, memfasilitasi program PKM dengan mendampingi mahasiswa, juga melibatkan mahasiswa dalam penelitian. Fakultas ekonomi juga sudah harus mempersiapkan proses Akreditasi mulai sekarang dengan membuat rencana anggaran dengan target capaian yang logis serta rasional. Salah satu terget yang telah ditetapkan oleh Dekan Fakultas Ekonomi UNAYA adalah Akreditasi Fakultas Ekonomi UNAYA haruslah Optimis mendapatkan Akreditasi A, tentu dengan melakukan pembenahan dan persiapan yang mantang sejak dini. dengan penambahan mahasiswa kedepan dibuat program beasiswa prestasi, promosi, dosen banyak menulis di media, dan memperbanyak publikasi adalah dengan diberrikan amanah. Harus punya target kedepan, harus dapat A, dengan melakukan pembenahan dan persiapan yang mantang dari sekarang. Secara umum dari apa yang disampaikan dalam Rapat Kerja Pimpinan ini dihasilkan masalah yang disampaikan beberapa fakultas adalah sama, seperti fungsional dosen, publikasi, penelitian, dan pengabdian masyarakat, yang presentasi pada hari ini, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran dan FKM.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *