Unaya Wisudakan 584 Lulusan

Sebanyak 584 lulusan dari delapan fakultas ditambah Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STMIK) dan Akper Abulyatama, menjalani prosesi wisuda sarjana strata I oleh Rektor Univesitas Abulyatama (Unaya), R Agung Efriyo Hadi, PhD, di aula kampus Jalan Blangbintang Lama, Lampoh Keudee, Aceh Besar, Sabtu (28/10).

Selain dihadiri Ketua Yayasan Abulyatama, Dr M Kadafi SH MH, wisuda itu dihadiri Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh, Prof Jamal dan Direktur Pembelajaran pada Dirjen Belmawa Kementerian Ristek Dikti, Dr Ir Paristiyanti Nurwardani MP. Termasuk para orang tua/wali mahasiswa dan para anak yatim yang turut mendapat santunan dari para wisudawan/ti.

Tahun ini, lulusan terbanyak yang diwisuda yaitu sarjana kedokteran yang mencapai 259 orang. Tenaga medis lainnya yang dilahirkan tahun ini dari kampus tersebut yakni tenaga perawat sebanyak 47 orang.

Rektor Unaya, R Agung Efriyo Hadi MSc PhD, dalam sambutannya mengatakan, khusus untuk tenaga medis seperti dokter dan perawat berpeluang ditampung di Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosanti, Banda Aceh yang tingkat kunjungan pasiennya semakin tinggi. “Saat ini RS Pertamedika Ummi Rosanti memiliki 145 tempat tidur pasien dengan tingkat keterisian selalu di atas 90 persen,” katanya. Keberadaan RS ini pun menjadi nilai tambah bagi tenaga medis lulusan Unaya untuk dapat segera terserap oleh dunia kerja, dan mendukung kualitas pembelajaran ilmu kesehatan.

Kepada seluruh wisudawan/ti, Rektor mendorong para lulusan untuk terus belajar, meningkatkan keterampilan, menyempurnakan karakter, dan berusaha selalu mengamalkan akhlak al karimah. Sementara pihak kampus terus berupaya meningkatkan mutu lulusan agar mahasiswa yang lulus dari universitas ini bisa berkompetisi dalam dunia kerja yang semakin ketat.

“Pada 10 Oktober 2017 lalu, BAN PT mengeluarkan SK tentang peringkat akreditasi Universitas Abulyatama yang kini berakreditasi B dengan nilai 314. Untuk alumni yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi, Unaya juga telah membuka dua program pascasarjana, yaitu Magister Hukum (MH) dan Magister Managemen,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Abulyatama, Dr Muhammad Kadafi SH MH, berharap para lulusan bisa lebih kreatif dan inovatif dalam menghadapi tantangan dunia ke depan yang daya saingnya semakin ketat, dimana 70 persen penduduk indonesia saat ini merupakan tanaga produktif yang memperebutkan setiap peluang dalam dunia kerja. Apalagi, bisnis saat ini sudah beralih dari sistem konvensional ke sistem e-commerce yang berlaku lintasnegara. “Karena itu, hanya orang-orang kreatif dan inovatif yang akan mampu bersaing,” ujarnya.

Wisuda para lulusan Universitas Abulyatama tahun ini sengaja digelar bersamaan dengan peringatan Sumpah Pemuda, agar para lulusan bisa menjiwainya, dengan meninmgkatkan daya saing, menjunjung nasionalisme, dan kebhinekaan dalam karya nyata.

Dalam kesempatan ini, Universitas Abulyatama juga memberikan penghargaan untuk empat mantan rektor yang pernah memimpin lembaga pendidikan ini.

Keempat mantan rektor yang diberi penghargaan tersebut yakni Prof Tgk H Safwan Idris, Prof Dr HM Hakim Nyak Pha SH DEA, Prof H Burhanuddin Salim MSc PhD, dan Prof Dr H Warul Walidin AK MA.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *