Kampus dan Mahasiswa Dalam Keberagaman Ide dan Idialisme

Kampus adalah sarana belajar dan pembelajaran bagi mahasiswa. Mereka sebagai penerus pembangunan dan keberlanjutan negara bangsa. Tentunya mempunyai ide-ide, gagasan dan pemikiran dalam berbagai bidang, baik politik, ekonomi, teknik, kedokteran, hukum, dan bidang lainnya. Melalui belajar di kampus dan hasil belajar tersebut mereka akan menjadi kritis, berinovasi, berkreativitas, menuangkan gagasan tersebut dalam kegiatan sehari-hari baik dalam kampus dan masyarakat. Untuk mengaktualisasikan ide dan gagasan tersebut mereka difasilitasi oleh kampus dengan memberikan ruang dan kebebasan membuat organisasi kemahasiswa dengan pengawasan kampus. Lahirlah organisasi-organisasi mahasiswa baik BEM, UKM, lembaga Dakwah Kampus dan sebagainya.

Melalui organisasi inilah mahasiswa mengembangkan ide, gagasan, inovasi, dan kreativitas lainnya dengan tujuan mencari pengalaman, belajar organisasi, sebagai prestasi, sebagai pengabdian untuk masyarakat, dan tentunya membawa nama baik kampus.

Apa yang dilakukan mahasiswa adalah sebagai mengaktualisasikan diri dengan berbagai kemampuan dan inovasi, semata-mata belajar, dan mengabdi diri pada masyarakat dan ini akan membawa dampak yang baik bagi kampus. Misalnya meningkatnya antusias masyarakat mengantar anaknya pada kampus tersebut.

Banyak kampus-kampus menfasilitasi kegiatan mahasiswa dengan berbagai dukungan, baik dukungan fasilitas kantor organisasi, moril dan materil, sehingga mahasiswa bisa mengaktualisasikan kreativitasnya dengan baik.

Kampus kita misalnya organisasi mahasiswa baik BEM, UKM dan berbagai organisasi lain mencoba mengaktualisasikan ide dan gagasan dengan berbagai kegiatan, baik diskusi, seminar, pengabdian pada masyarakat, seni, pojok sehat dan berbagai kegiatan lainnya. Ini patut di dukung, di fasilitasi, dibimbing, dan didampingi. Kesuksesan program-program yang dibuat oleh mahasiswa adalah menjadi kebanggan kita bersama, menjadi nama baik kampus dimata masyarakat.

Salah satu program yang dibuat mahasiswa dibawah Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan adalah Pojok Sehat setiap pagi minggu di Blang Padang, kegiatan ini dilaksanakan hanya dengan semangat dan kebersamaan sampai pada akhirnya menjadi buah bibir masyarakat Banda Aceh dan Aceh Besar, masuk ke media Metro TV, dan beberapa media cetak dan on line, menguntungkan kampus sebagai kampanye untuk bisa dikenal masyarakat dan tentunya bisa menambah antusias mahasiswa baru. Maka mari kita dukung program-program yang di buat oleh mahasiswa karna nantinya juga akan berdampak baik pada kampus kita. (Usman, M. Si, Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Unaya)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *