UNAYA & UNMUHA GELAR PELATIHAN OTOMASI DAN PELAYANAN MANDIRI PERPUSTAKAAN BERBASIS RFID

Banda aceh, 14 april 2018 telah dilaksanakan kegiatan pelatihan otomasi dan pelayanan mandiri perpustakaan berbasis RFID di Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) yang bekerjasama dengan Perpustakaan Universitas Abulyatama (Unaya) dan didukung oleh Tim IT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 08.30 wib hingga pukul 16.00 wib dan dilanjutkan pada hari kedua dengan waktu yang sama. Kegiatan ini dihadiri oleh 22 peserta pustakawan/i yang berasal dari aceh dan luar aceh yaitu pustakawan yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan Universitas Tanjungpura Pontianak Kalimantan Barat.
kegiatan dimulai dengan meriah oleh Masrurah, S.IP sebagai MC dan dibuka dengan tilawah dari Zulmansyah, S.Sos. setelah pembukaan acara, selanjutnya adalah sambutan yang dimulai oleh laporan ketua panitia Nurul Rahmi, S.IP, M.A, setelah itu sambutan dari Rektor Unaya yang diwakili Wakil Rektor I Usman, S.Pd, M.Si menjelaskan perpustakaan merupakan aspek penting dalam dunia pendidikan, disamping sebagai pusat pendidikan, penelitian dan pembelajaran. Perpustakaan tidak hanya menyajikan buku teks, akan tetapi juga bisa menyajikan film dokumenter, slide, konten digital lainnya seperti e-jurnal dan e-book. sambutan dilanjutkan Rektor Unsyiah yang diwakili oleh Kepala Humas Unsyiah Husni Friady, ST, MM pada kesempatan yang sama mengungkapkan perpustakaan zaman sekarang memiliki tantangan yang sangat besar karena sudah masuk era digital, jika ingin menjaga konsistensinya maka ia harus memiliki berbagai inovasi baru. dan sambutan sekaligus membuka acara oleh Rektor Unmuha Dr. H. Muharrir Asy’ari, Lc sangat mengapresiasi jalin kerjasama Unmuha dengan Perpustakaan Unaya dan mendapat fasilitasi dari UPT Perpustakaan Unsyiah dan mengajak mari jadikan perpustakaan tidak hanya sebagai gudang buku namun juga sebagai gudang ilmu.
Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MOU ketiga Rektor Perguruan Tinggi dan Kepala Perpustakaan. Setelah sesi seremonial selesai selanjutnya pemberian materi mengenai pengenalan teknologi perpustakaan modern, SLIMS, dan Demonstrasi Encode RFID sebagai materi penutup hari pertama oleh narasumber Dr. Taufik A. Gani, S.Kom, M.Eng.Sc, dan tim IT Perpustakaan Unsyiah. Hari kedua Rabu 14 februari 2018 kegiatan kembali dilanjutkan dengan materi Protokol SIP2, diskusi dan simulasi pelayanan RFID dengan pemateri yang sama. Kegiatan pelatihan ini disambut baik oleh para peserta, hal ini dapat dilihat dari antusias dan keaktifan para peserta sepanjang rangkaian kegiatan. Kegiatan berjalan lancar sampai akhir acara dan peserta semakin bersemangat pada sesi tour library ke Perpustakaan Unsyiah serta kegiatan ini ditutup kembali oleh Rektor unmuha.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *