FK-UNAYA Gelar Pojok Sehat di lapangan Blangpadang

Universitas Abulyatama Aceh menggelar pemeriksaan kesehatan gratis dilapangan Blangpadang Banda Aceh, pada Minggu pagi 21 Jan 2018. Program kegiatan yang diberi nama Pojok Sehat ini sudah berlangsung dua kali dibulan Januari 2018 dan beberapa kali tahun lalu.
“Bakti Sosial ini bertujuan untuk membantu warga Aceh yang sedang beraktivitas dilapangan Blangpadang. Mengecek kondisi kesehatan, khususnya Tekanan Darah dan Denyut Nadi sebelum dan sesudah berolah raga ” kata dr.Iziddin Fadhil (36) Dosen dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Abulyatama Aceh.
Kegiatan yang direncanakan rutin setiap Minggu pagi melibatkan puluhan Mahasiswa Rumpun Ilmu Kesehatan (Kedokteran, Keperawatan, Kebidanan) bertujuan juga untuk praktek pelayanan medis, membiasakan Mahasiswa yang Calon Dokter dan paramedis bersosialisasi dan berintegrasi langsung dengan masyarakat. ” Kita berharap kepada Dokter dan tenaga medis lulusan Universitas Abulyatama, dapat melayani pasien dengan ramah, komunikatif, memiliki rasa simpati dan empati dan terpenting Ikhlas melayani, menjadikan profesi yang mulia ini sebagai lahan untuk beribadah.” Ujar dr.Iziddin Fadhil yang juga Dokter di RSPUR Banda Aceh juga dokter praktek di RSIA Cempaka Az-Zahara, saat mendampingi mahasiswanya dilapangan Blangpadang.
Lebih lanjut dikatakan, di Pojok Sehat Universitas Abulyatama ini menyediakan pelayanan pemeriksaan Tekanan Darah, Tekanan Nadi, Pernapasan, Pemeriksaan Rapid Test (Gula darah, kolestrol dan Asam Urat).
Yang ditangani oleh Calon Dokter lelaki dan perempuan dibantu paramedis yang langsung dibawah pengawasan/supervisi Dokter berpengalaman dan Dosen pembimbing.
Dr.Iziddin Fadhil, Alumni Fakultas Kedokteran Abulyatama, lahir 14 Februari 1982 di Gampong Ateuk Deah Tanoh Banda Aceh ini mengingatkan, Penting bagi warga berolahraga jalan kaki selama 30 menit perhari karena dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung sebesar 30%.
Namun demikian jangan terlalu memaksa kemampuan diri. Mulai dari olahraga ringan diminggu pertama dan dapat ditingkatkan durasinya diminggu berikutnya. Memperkirakan batas maksimal detak jantung saat berolahraga dapat dilakukan dengan cara sederhana sbb.: 220 – (Usia Anda) = Perkiraan batas maksimal detak jantung saat olahraga.
” Serangan jantung dapat terjadi kapan saja. Detak jantung yang cepat atau tarkikardia merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan resiko serangan jantung,berakibat meninggal dunia mendadak. Pencegahan dini dapat dilakukan dengan rutin mengecek kesehatan serta mengamalkan pola hidup sehat.” Dokter muda yang magister kesehatan masyarakat ini memberi saran medis.
Ide kreatif mengelar Pojok Sehat yang digagas Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan bersama Staf Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama Aceh ini mulai mendapat apresiasi warga kota. Dibuktikan dengan lebih 50 an lebih warga pengunjung Blangpadang mendapat pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis di Posko sederhana di Pintu gerbang Selatan, (depan SMPN 17).
Televisi swasta Nasional (Metro TV) pada Minggu pagi (21/1), juga meliput kegiatan Pojok Sehat. Diperkirakan pada Minggu berikutnya jumlah Warga yang datang akan semakin banyak. Pihaknya sedang mengupayakan Tenda ukuran 4X6 meter, meja serta belasan kursi juga dukungan biaya operasional harian petugas yang selama ini swadaya Mahasiswa, Dosen, juga pihak Universitas Abulyatama agar Pojok Sehat dapat berlanjut dan dapat beraktivitas disaat hujan ringan. “Kami yakin akan ada solusi dari pihak pemerintah dan swasta yang berminat menjadi Sponsor kegiatan Sosial Kemanusiaan ini.” harap dr.Iziddin Fadhil.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *