Dalam menghadapi perubahan globalisasi saat ini, mahasiswa perlu dipersiapkan SDM yang kritis, kreatif dan inovatif serta mampu memanfaatkan tantangan menjadi peluang.
Hal tersebut disampaikan Drs. Azwar Thaib M.Si, Dekan Fakultas Perikanan Unaya dalam pembukaan kegiatan Training Tauhid bagi mahasiswa fakultas perikanan, “Yang bertema Klinik Kompetensi Bidang Kelautan dan Perikanan di Masjid Kampus Abulyatama 24-25 Januari 2018
Pembukaan training tauhid yang berlangsung di Mesjid Kampus Abulyatama, dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III, dr. Iziddin Fadhil. Dalam pembukaan Wakil Rektor III menyatakan bahwa training tauhid bagi kalangan mahasiswa perikanan menjadi role model bagi Fakultas-Fakultas lain dalam lingkungan Kampus Universitas Abulyama Aceh.
Lebih lanjut  dr. Iziddin Fadhil menyatakan bahwa kegiatan tersebut sangat strategis dalam pencapaian visi-misi pendidikan islami di lingkungan kampus.  Beliau juga berharap kegiatan tersebut menjadi tolak ukur kedepan, kedepan  juga akan diterapkan kepada mahasiswa  fakultas lain di lingkungan kampus Abulyatama.
Kegiatan yang berlangsung selama dua hari  dihadiri oleh 50 orang mahasiswa dan dosen Fakultas Perikanan Universitas Abulyatama. Yang menjadi pemeteri training tauhid Tengku Muhammad Umar. Merupakan pimpinan dayah Liqaurrahmah Lieue Aceh Besar.
Dalam penjelasannya, training ini bertujuan memperkuat fondasi pendidikan islam bagi generasi muda yang tangguh dalam membentengi diri dari kegiatan-kegiatan praktik pendangkalan akidah yang marak di Aceh pada akhir-akhir ini.
Keberadaan fakultas perikanan Abulyatama Aceh yang sudah berusia lebih kurang 30 tahun di bumi serambi mekkah telah melahirkan lulusan yang mempunyai intelektualitas, dan Akhlakul karimah dalam menjalankan kewajibannya.
Dengan demikian pembelakan tauhid bagi insan mahasiswa merupakan hal yang paling penting.