dr. Caisar Dewi Maulina : Persiapan Yang Perlu di Lakukan Sebelum Mengikuti UKMPPD

dr Caisar Dewi Maulina yang sering disapa Moli ini adalah seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran Abulyatama angkatan 2010. Moli tercatat sebagai salah satu mahasiswa yang lulus UKMPPD ( Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter ) “oneshoot” pada bulan Agustus 2016. Ia juga merupakan salah satu mahasiswa yang aktif di bidang Akademik maupun Non-Akademik.

UKMPPD adalah Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (ujian kompetensi yang akan dilalui oleh semua calon dokter yang ingin mendapatkan gelar dokter (dr.).

Tujuan dari UKMPPD yaitu untuk menjamin mutu lulusan program pendidikan dokter sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) sebagaimana amanat UU RI Nomor 29 tahun 2004 tentang Praktek Kedokteran dan UU RI Nomor 20 tentang Pendidikan Kedokteran.

Uji kompetensi yang diujikan berupa CBT dan OSCE (12 stase jika salah satu diantaranya tidak lolos, maka mengulang pada ujian yang tidak lolos tersebut).

Berikut beberapa tips yang dilakukan dr Caisar Dewi Maulina sebelum mengikuti UKMPPD :

  • Dari sebelum mengikuti ujian prepare kan diri dengan baik.
  • Baca soal – soal kedokteran.
  • Lakukan bimbingan diri dan lebih tekankan teori.
  • Selanjutnya lakukan bimbingan reguler, dalam bimbingan ini kita lebih membahas soal – soal.
  • Persiapkan mental dengan baik.
  • Doa

“ Intinya, gak semua yang kita dapatkan di coass dan dikampus itu lengkap, jadi kita memang sangat perlu mengikuti lagi bimbingan tambahan diluar kampus “. Kata dr Caisar Dewi Maulina.

Ia juga berharap agar kedepannya Fakultas Kedokteran Abulyatama dapat memfasilitasi lebih lagi dalam persiapan UKMPPD, sehingga angka kelulusan setiap tahunnya bisa meningkat.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *