Tanaman Pala Menjadi Ciri Khas Kabupaten Aceh Selatan

SELAIN menjadi sumber ekonomi petani di aceh selatan, pala yang bisa berumur ratusan tahun juga menjadi ciri khas daerah yang beribukota  tapaktuan. Menurut catatan, tanaman Pala (Myristica fragrans) berasal dari kepulauan banda maluku wilayah paling timur Indonesia, sementara di Aceh sendiri hanya di Aceh selatan tanaman ini tumbuh subur dan menjadi salahsatu sumber penghasilan masyakat setempat. Wilayah pantai barat aceh memang dikenal sejak dulu sebagai daerah yang subur, pada periode kesultanan aceh, daerah selatan menjadi sentra perkebunan lada hitam sebagai salahsatu pemasok kebutuhan lada hitam dunia pada saat itu.

images

Sebagai informasi, tanaman ini sudah dikenal sejak masa romawi sebagai komditi perdagangan terpenting ketika itu. Semenjak zaman eksplorasi Eropa, pala tersebar luas di daerah tropika lain seperti Mauritius dan Karibia (Grenada). Tumbuhan pala dapat bertahan hingga ratusan tahun dengan tinggi mencapai 20 meter. Bila masak, kulit dan daging buah membuka dan biji akan terlihat terbungkus fuli yang berwarna merah. Satu buah menghasilkan satu biji berwarna coklat.

images-1

Masyarakat aceh selatan memanfaatkan daging buah menjadi manisan pala atau biasa dikenal kue pala. Sementara bijinya akan dijemur dan dipisahkan dengan fulinya kemudian akan disuling menjadi minyak. Harga minyak pala perkilonya mencapai 2 juta rupiah dan menjadi komoditi ekspor dan kebutuhan medis atau pengobatan tradisional.

Pala memiliki kandungan nutrisi/gizi yang berguna bagi manusia terutama kandungan energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, zat besi, vit A, vit B1 dan vit C. Adapun manfaat pala:

Pereda sakit perut

Senyawa alami yang terkandung dalam buah pala ini berkhasiat membantu kelancaran saluran pencernaan, tidak heran sejak dulu pala sudah di kenal untuk mengatasi masalah diare, perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

Buah Pala Sebagai Obat tidur

Untuk mengatasi masalah tidur, tuangkan sedikit pala bubuk pada segelas susu hangat.

Menghilangkan jerawat dan noda

Tubuk buah pala sampai halus lalu campurkan dengan susu whole milk , aduk hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pada bagian wajah yang bermasalah, diamkan beberapa menit, lalu bersihkan wajah seperti biasa.

Mengatasi rasa mual

Seduh 1 sdt pala halus dengan ¼ sdt garam halus dalam 1 gelas air hangat. Aduk rata dan minum selagi hangat beserta ampasnya.

Meringankan penyakit maag

Siapkan 100 ml air hangat, Campur dengan 1 sdt pala halus dan 2 sdt bubuk buah pisang batu. Minum beserta ampas selagi hangat. Sebaiknya pengobatan diulang sampai sembuh

Menyembuhkan suara parau

Campur 2 sdm pala jalus dengan 2 sdm jahe parut, 1 sdt cengkeh halus dan 3 tetes minyak kayu putih. campur semua bahan sampai terbentuk adonan menyerupai pasta. Oleskan pada leher seperti memakai masker, biarkan meresap selama 3 jam. Ulangi pengobatan sampai sembuh.

Semoga Bermanfaat iya!

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *