Keistimewaan Harimau Sumatera yang Tak Dimiliki Hewan Lain

harimau photo

Harimau Sumatera memang memiliki banyak keistimewaan. Keistimewaannya ini seringkali justru mengancam jiwanya.

Inilah fakta mencengangkan mengenai harimau sumatera:

1. Termasuk Satwa Kritis

Kritis di sini berarti benar-benar terancam punah. Sesuai dengan namanya, habitat aslinya adalah di Pulau Sumatera. Hewan ini satu-satunya dari enam subspesies, yang masih bertahan hidup. Populasinya hanya 400-500 ekor. Oleh karena itu, harimau sumatera banyak hidup di taman nasional Sumatera.

2. Memiliki Warna Paling Gelap

Meskipun termasuk harimau kecil, hewan ini memiliki warna tubuh yang unik. Tubuhnya berwarna paling gelap dibandingkan seluruh harimau lain. Corak belang bagian yang berwarna hitam, lebar dan letaknya berdempetan.

Ada satu lagi keunikannya mengenai warna tubuh. Yaitu, bila sedang melahirkan, warna tubuhnya berubah menjadi hijau gelap.

3. Dapat Berenang Cepat

Pada sela-sela jari harimau sumatera terdapat selaput. Hal ini membuat harimau sumatera dapat berenang cepat. Ketika mengejar mangsa, hewan ini akan menyudutkannya ke air. Apalagi bila hewan mangsanya tipe yang lambat berenang.

4. Bisa Tinggal di Mana Saja

Harimau sumatera adalah hewan yang mudah tinggal di mana saja. Dia bisa hidup di hutan yang ada di dataran rendah, tempat-tempat yang tidak terlindungi, hutan pegunungan, sampai lahan pertanian.

5. Pemburu yang Hebat

Hewan yang satu ini memang pemburu yang hebat. Dia akan mengintai hewan buruannya dengan sabar. Ketika hewan buruannya lengah atau tak berdaya, harimau sumatera akan menyerangnya.

Dia bisa melompat, berlari, dan memanjat pohon ketika sedang berburu. Setelah itu, dia akan melahap mangsanya sampai kenyang.

6. Banyak Diminati Manusia

Manusia sangat berminat pada harimau, untuk dijual. Oleh karena itu, perdagangan tubuh harimau sangat marak. Sebelum dijual, harimau dikuliti, diambil kumisnya, atau taringnya. Ada juga yang dijual utuh, untuk hiasan rumah.

Perdagangan harimau sumatera ini sangat memprihatinkan. Padahal, kalau bisa dilestarikan, harimau sumatera dapat menjadi satu spesies terpisah, karena memiliki keunikan genetik.

Fakta-fakta mencengangkan di atas sudah seharusnya menjadi perhatian kita untuk lebih peduli pada kelestarian hewan langka ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *