Kuala Merisi, salah satu pantai yang paling indah di tanah Serambi Mekkah

SESEORANG yang berkunjung ke pantai kuala merisi tentu akan sangat nyaman dan menikmati liburannya. Pasalnya selain akan disambut dengan berbagai cerita legenda seperti bate putri ratu meurendam, pengunjung juga bisa merasakan nuansa santai dengan suara deru ombak dan juga angin sepoi-sepoi.

Bagi mereka yang tengah stress dengan masalah kantor, pantai kuala adalah tempat yang sangat cocok untuk melepaskan beban akibat pekerjaan. Hal ini dikarenakan pantai tersebut memiliki suasana yang hening dengan ombak yang tak terlalu besar sehingga akan sangat nyaman untuk bersantai bersama keluarga.

Pantai Kuala Merisi ini berlokasi di Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee di Kabupaten Aceh Jaya. Mempunyai pasir putih yang lembut, pantai ini pun jadi destinasi wisata yang menarik untuk keluarga. Terlebih lagi, di sini merupakan pantai dengan ombak yang kecil. Jadi tak perlu khawatir mengenai bahaya terseret ombak pada saat berkunjung ke sana.

Pantai Kuala Merisi ini juga dikenal sebagai salah satu pantai yang terdampak bencana tsunami pada tahun 2004 lalu. Namun selang beberapa tahun, pantai ini pun kini telah pulih dan menjadi destinasi wisata yang populer di Aceh. Masyarakat Aceh pun banyak yang menghabiskan waktu liburan bersama kelurga di tempat ini.

pantai kuala merisi
Pantai Kuala Merisi dengan pasir pantainya yang putih dan lembut

Pantai yang satu ini lokasinya cukup jauh dari kota Banda Aceh. Sebagai gambaran, jarak kota Calang yang merupakan ibukota dari Kabupaten Aceh Jaya menuju ke Banda Aceh berjarak sekitar 149 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam. Namun kalau ingin menuju ke pantai ini dari Banda Aceh, jaraknya lebih dekat. Kurang lebih 75 kilometer dengan waktu tempuh selama kurang lebih 2 jam perjalanan.

Meskipun perjalanan yang dibutuhkan cukup jauh, namun hal tersebut akan terbayar lunas sesampainya di Pantai Kuala Merisi ini. Sesampainya di pantai, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan pasir putih yang membentang sangat jauh. Lembutnya pasir putih dengan diiringi hembusan angin yang menenangkan, membuat suasana di sini bakal mendamaikan isi hati.

Karena merupakan sebuah pantai yang masih alami, jadi pengunjung yang ke sini pun bakal bisa merasakan kepuasan. Bakal merasakan suasana ala bersantai di pantai pribadi deh kalau ke sini. Terlebih jika berkunjungnya pada saat bukan hari libur. Suasananya pun bakal semakin terasa. Terlebih banyak yang menyebut pantai ini sebagai salah satu pantai yang paling indah di tanah Serambi Mekah.

Pantai kuala merisi
Garis pantai yang panjang di Kuala Merisi

Berbeda dengan pantai yang ada di wilayah selatan Jawa, Pantai Kuala Merisi ini mempunyai ombak yang kecil. Selain cukup aman untuk dijadikan destinasi wisata keluarga, pantai ini pun memberikan keamanan untuk mereka yang doyan bermain air. Baik itu snorkeling ataupun sekedar berenang di pinggir pantai. Namun kondisi ombak yang kecil ini tentunya membuat mereka yang doyan bermain surfing tak bisa melakukan aktivitas kesukaannya di sini.

Sebagai tambahan, Pantai Kuala Merisi ini juga terkenal dengan pemandangan matahari terbit serta suasana matahari terbenamnya. Banyak pula para wisatawan yang datang ke tempat ini untuk sekedar bersantai di bawah terik matahari. Namun yang perlu diperhatikan, para traveler yang datang ke sini harus senantiasa menjaga keamanan barang bawaannya. Bukan karena keberadaan para penjahat. Namun karena di sini banyak terdapat monyet liar yang kerap bertingkah iseng.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *