Bustamam Mahasiswa Unaya yang Mengikuti Studi Banding ke Malaysia dan Singapura

DALAM rangka study banding ke beberapa Universitas Malaysia dan Singapura mewakili mahasiswa Aceh Barat (Meulaboh) yang tergabung dalam IPELMABAR (Ikatan Pelajar Mahasiswa Aceh Barat) Banda Aceh. Salah seorang mahasiswa Universitas Abulyatama Program studi Teknik Mesin bernama Bustamam lahir di Tungkop 7 April 1993 berasal dari Meulaboh ini menceritakan kesan dan pengalamannya selama berada di dua negara Malaysia dan Singapura.

Hal-hal baru, menarik, dan berkesan yang kita alami itu selalu menjadi pengalaman unik. “ Itu juga yang saya alami ketika pertama kalinya saya datang ke Singapura dan Malaysia, perasaan bahagia dan kedepan bisa menjadikan semangat untuk terus belajar dengan harapan bisa kuliah sampai keluar negeri. Saya juga merasakan apakah saya sedang bermimpi, karena sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh saya sedikitpun untuk bisa melangkahkan kaki saya di kedua negara ini. Dalam hati saya berkata kalau tidak ada yang tidak mungkin didunia ini asalkan kita mau ”. ucap Bustamam saat di wawancarai oleh tim Abulyatama.ac.id via Line.

Bustamam mahasiswa yang bermotto tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini kecuali tidak mau ini juga menceritakan hal yang paling  dikaguminya ketika berada di kedua negara tersebut adalah “ Orang-orang disana sangat mengutamakan kedisiplinan terhadap waktu. Saya bisa melihat bahwa dunia itu luas Singapura dan Malaysia merupakan negara yang teknologinya, kebersihannya, ketertibannya jauh lebih baik daripada Indonesia. Namun Indonesia juga memiliki kelebihan seperti solidaritas yang kuat, keramahan, dan norma yang masih di pegang kuat tidak seperti Singapura yang sudah memudarnya norma-norma karena pengaruh dari Barat. Jadi, masing-masing negara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tiada gading yang tak retak. Seperti itu juga halnya dengan negara. Dalam pertukaran ini saya mendapat banyak pelajaran berharga untuk tidak mudah menyerah, bertekun, semangat untuk mengejar mimpi, memandang sesuatu dari berbagai sisi, dan mencoba hal lain yang belum tahu untuk di pelajari ” oleh karena itu jangan pernah berhenti bermimpi ! tutup Bustamam.

Berikut beberapa Foto saat Bustaman ke Singapura dan Malaysia :

1473423819059 1473423838394    1473423833319 1473423824858                                                                     1473423816904                       1473423836150

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *