Kemeriahan Perpisahan KKN Kelompok 17 Desa Emperum

BANDA Aceh, (6/09). ” Perpisahan Bukanlah Akhir Dari Segalanya ” Setiap pertemuan pasti ada perpisahan dan setiap perpisahan biasanya penuh dengan suka cita dan haru tapi terkadang perpisahan  ada juga yang menggembirakan namun kebanyakan dari perpisahan di hiasi dengan kesedihan karena akan jauh dari orang yang di sayangi. Tapi perpisahan bukan berarti akhir dari segalanya karena mungkin lain waktu dan kesempatan bisa bertemu lagi meski dengan situasi dan lokasi yang berbeda.

Selama kurang lebih satu bulan, mahasiswa Universitas Abulyatama telah melakukan pengabdian, pembelajaran dan perjalanan, beragam momen selama KKN menjadi kenangan tersendiri bagi mahasiswa salah satunya adalah acara perpisahan antara kelompok KKN dengan warga Desa.

Seperti yang dilakukan Oleh Saipul Dan kelompoknya yang mengadakan acara perpisahan dengan membuat sajian makanan yang telah dibuat oleh mahasiswa KKN tersendiri berupa: Kolak, Mie, dan berbagai macam kue lainnya.

img_0195

Dalam kata sambutannya sebagai ketua kelompok 17 Saipul mengucapkan “ Terimakasih yang tak terhingga kepada masyarakat gampong emperum yang telah banyak membantu serta membimbing menjadi masyarakat sekaligus guru yang baik. Dan juga mohon maaf sekiranya kalau banyak tingkah laku, berkata atau berbicara yang tidak sopan hingga mungkin membuat hati masyarakat gampong Emperom menjadi tidak nyaman dan risih dengan kami Selama satu bulan ini ”.

“ Saya mewakili mahasiswa KKN kelompok 17 yang ditugaskan oleh pihak Universitas Abulyatama momohon maaf sebesar-besarnya”. Tambah Saipul mengulang

img_0106

Dalam kata Sambutannya Elvridarosa.SP.,MP mengatakan “ Saya sebagai dosen supervisor mahasiswa KKN Abulyatama sangat bersyukur dan banyak mengucapkan terimakasih yang tak terhingga, kepada bapak dan ibu yang telah memberi kesempatan bagi anak didik saya untuk dapat memberikan pengabdian kepada masyarakat di Gampong Emperom walaupun mungkin ada dihati ibu bapak yang mungkin kurang berkenan terhadap mahasiswa kami, saya selaku dosen supervisor memohon maaf yang sebesar-besarnya dan supaya ini tidak jadi dendam dikemudian hari ”.

“ Dan saya mengucapkan terimakasih kepada bapak dan ibu Geuchik dan juga kepada masyarakat Gampong Emperom yang telah memberikan banyak masukan dan arahan kepada mahasiswa kami sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan bagi mahasiswa KKN di Gampong ini, mungkin ada ilmu yang telah dishare oleh mahasiswa contohnya seperti ibu ibu PKK yang saya sudah dapatkan laporan dibantu dalam hal mempelajari software  microsoft exel, komputer terutama,  mungkin itu dapat menjadi kenang-kenangan yang bermanfaat bagi ibu PKK, mudahan- mudahan terutama exel bisa membantu untuk membuat pembukuan keuangan ”. Ucap Elvridarosa. SP.,MP selaku supervisor

Kemudian Elvridarosa. SP.,MP juga menambahkan dalam pidatonya“ Beberapa program yang sudah mahasiswa kami lakukan kurang lebih satu bulan ini, yang memang waktunya terlalu singkat, diantaranya itu ada pembuatan peta Gampong yang akan di pampang di kantor Geuchik , dan ada di bidang pertanian yaitu penanaman sayuran berbasis Hidroponik, pembuatan Batari Krispy, bakti sosial dan juga yang lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, semoga itu dapat memberi manfaat kepada masyarakat Gampoeng Emperom ini, walaupun mungkin ada yang tidak memuaskan bagi bapak dan ibu  tetapi syukur Alhamdulillah mahasiswa kami sudah melakukan dan menyelesaikan pengabdiannya terhadap masyarakat, mungkin hanya itu kata-kata perpisahan dari kami dan sekali lagi saya sangat memohon jika ada tindakan yang kurang berkenan dihati bapak ibu saya mohon maaf yang sebesar besarnya juga mewakili dari adik adik mahasiswa kami selama satu bulan di Gampong ini mohon dimaafkan bapak ibu karena saya tau bapak ibu telah banyak berkontribusi dalam hal ini ”.

“ Beliau berpesan kepada mahasiswa kelompok 17 tidak hanya sampai disini, bisa saja besok dan sebulan kedepan kalian melihat lihatlah kemari bagaimana perkembangan yang sudah kalian terapkan selama disini, luangkanlah waktu kalian sebentar untuk singgah di Desa Emperom ini ”.

img_0208

Sekretaris Gampong mengatakan:“ Dalam hal ini saya sebagai sekretaris Gampong mewakili Geuchik, karena kebetulan Geuchik sedang ada kegiatan dan mungkin akan segera tiba namun akan terlambat, saya mohon maaf kepada adik adik mahasiswa dan supervisor jika ada hal dalam penyambutan atau pelayanan kami yang kurang berkenan, dan kemudian mungkin rasa terimakasih kami yang mana oleh Abulyatama telah menetapkan mahasiswa KKN di Gampong Emperom, walaupun terasa singkat tapi manfaatnya sangat berarti ”.

Beliau juga menghimbau kepada masyarakat Gampong Emperom untuk bersyukur, “ Karena kita telah diberi berbagai ilmu atau berbagi pengalaman dari adik adik mahasiswa KKN, untuk itu marilah kita manfaatkan sebaik mungkin apa yang telah kita dapati walaupun sebentar itu adalah ilmu yang sangat bermanfaat, kami mengharapkan untuk betul-betul di manfaatkan dan dijaga supaya kita tidak merasa malu terhadap mahasiswa, jangan berfikir jika mereka pulangitu telah selesailah semua, kita harus merawat dan menjaga apa yang telah mahasiswa berbagi kepada kita ”.

Beliau berpesan kepada mahasiswa “ Kalau ada hal-hal yang tidak baik selama di Gampong ini silahkan tinggalkan disini jangan dibawa ke Abulyatama dan jika itu hal yang baik silahkan di bawa kemanapun kalian berada ”.

img_0214

Ridwan Selaku Ketua Pemuda mengatakan “ Terimakasih telah menerapkan beberapa program di gampong kami, apabila ada adik-adik mahasiswa lain kedepan tolong dibawa kemari ibu supervisor”. ucap Ridwan

Ridwan dalam pidatonya juga berpesan “ Kami dari pemuda Gampong, tolong sampaikan salam kami kepada Bapak Rektor Universitas Abulyatama Aceh  yang selama ini Universitas Abulyatama memang salah satu Universitas terbagus di Aceh, buktinya orang india dan orang malaysia saja kuliah di Fakultas Kedokteran Abulyatama, Alhamdulillah, mudah mudahan kedepannya lebih ada informasi di media masalah Universitas Abulyatama Aceh, saya berbicara begini karena saya dulu ikut testing tidak lewat tahun 87, entah karena nilai ijazah saya 69, saya tidak tau, jadi mudah mudahan Abulayatama lebih berkarya kedepannya adik-adik mahasiswa kita tau bahwa adik adik adalah orang yang sedang menimba ilmu, terimakasih kepada adik adik KKN Kelompok 17 yang telah menyelesaikan pengabdiannya”.

“ Paska Stunami ini mungkin adik-adik mahasiswalah yang pertama sekali kami kedatangan mahasiswa KKN, mudah mudahan kami menantikan KKN kelompok selanjutnya kedepannya, tolong sampaikan keinginan kami kepada bapak Rektor. Kami Emperom selalu terbuka untuk mahasiswa KKN “. Ucap Ridwan menutup.

Acara juga dimeriahkan dengan pembacaan puisi yang dibacakan oleh Muhammad Habibi mahasiswa Agroteknologi, penyerahan Peta Desa, Cindera mata, lalu di tutup dengan pembacaan do’a dan saling maaf-maafan kemudian dilanjutkan dengan makan dan foto bersama.

img_0108 img_0119 img_0121 img_0158 img_0219 img_0230 img_0237 img_0251 img_0258 img_0259 img_0265 img_0272 img_0280 img_0286 img_0291 img_0302 img_0310 img_0146

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *