Bangun Pagi Itu Lebih Baik

Bangun pagi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. “Pagi hari adalah emas” demikian menurut ucapan Benjamin Franklin.

Analogi oleh Franklin ini ada benarnya. Karena bangun pagi bisa membuat tubuh manusia menjadi lebih sehat dibandingkan jika dia selalu bangun siang, atau saat matahari sudah berada di atas kepala.

Selain untuk kesehatan tubuh, bangun pagi juga memberikan efek positif lain bagi tubuh Anda. Berikut beberapa manfaat bangun pagi seperti dilansir timesofindia.com

1. Lebih produktif

Bangun lebih pagi memberikan Anda semangat lebih besar untuk menjalani hari. Alasannya, karena selain memberikan waktu lebih banyak bagi Anda untuk merampungkan pekerjaan,  juga meningkatkan kecepatan kerja Anda.

Studi menunjukkan bahwa ketika seseorang bangun pagi, dia lebih energik dan membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk melakukan tugas yang lebih banyak. Orang yang biasa bangun pagi juga akan lebih mahir dalam mengambil keputusan yang lebih baik, perencanaan dan mencapai tujuan.

2. Kebugaran Mental

Salah satu manfaat yang sangat signifikan dari bangun pagi adalah tingkat stres berkurang. Ketika Anda bangun pagi, Anda tidak perlu terburu-buru melakukan pekerjaan karena kesiangan dan diburu waktu. Anda dapat memulai hari Anda dengan santai dan terencana, sekaligus menikmati kopi dan sarapan anda dengan tenang.

3. Kualitas tidur yang lebih baik

Bangun pagi biasanya dilakukan oleh orang yang tidur lebih cepat. Jika hidup Anda teratur dan menjalankan pekerjaan serta rutinitas dengan baik, maka Anda cenderung akan lebih mudah tidur karena tidak adanya beban pekerjaan tertinggal. Kualitas tidur yang lebih baik juga terpengaruh dari sistem kerja tubuh Anda, dan kebiasaan Anda.

4. Kemampuan otak lebih baik

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Texas telah mengidentifikasi bahwa siswa yang bangun pagi mencetak nilai yang lebih baik daripada mereka yang terlambat bangun. Hal ini dihubungkan dengan produktivitas dan kualitas tidur yang lebih baik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *