Iranda, Memberikan Pelatihan IT Kepada Perangkat Desa

TEKNOLOGI Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Iranda mahasiswa fakultas FKIP prodi PPKN berasal dari Simeulu yang bercita-cita menjadi tenaga pendidik yang kompeten. Memberikan pelatihan IT selama KKN ( Kuliah Kerja Nyata )kepada perangkat Desa.

IMG_20160901_153911    IMG_20160901_153945

“ Desa Emperum termasuk desa yang dekat dengan perkotaan. Daerah yang dekat dari pusat kota menyebabkan masyarakat di daerah tersebut terbiasa dengan teknologi, namun itu hanya berlaku pada usia remaja dan anak-anak saja. Namun hanya sebagian orang dewasa yang dapat menjalankan perangkat komputer, sehingga menimbulkan dahaga orang dewasa terutama perangkat desa akan pentingnya mengenal dan bisa dalam mengoperasikan teknologi yang ada ”.

” Maka dari itu saya berinisiatif memberikan program pelatihan IT untuk perangkat Desa. Dengan pelatihan yang lebih menjurus ke office untuk pengolahan data perangkat Desa, berhubung saya sedang KKN dan ini adalah kesempatan saya “.

Iranda menegaskan “ Peningkatan kualitas sumber daya perangkat desa sangat perlu. Sebab, pada masa yang akan datang penguasaan teknologi informasi perlu untuk menunjang tugas mereka. Melalui kegiatan ini diharapkan ada upaya untuk membuka cakrawala betapa penting peningkatan kualitas sumber daya manusia dan peningkatan ketrampilan di bidang informatika bagi aparatur pemerintahan Desa dan masyarakat,” papar Randa.

Pelatihan ini sudah berlangsung selama 1 minggu dan dimulai setiap pukul 14:00 WIB hingga 16:00 WIB. ” Selama pelatihan berlangsung ada beberapa kendala yang saya temui, salah satunya ada masyarakat yang memang sama sekali tidak mengerti IT, jadi saya harus mengajarinya benar-benar materi yang paling mendasar dan juga kurangnya fasilitasi perlengkapan seperti Laptop, tetapi saya sangat senang karena mereka sangat antusias untuk mempelajari dunia IT dan saya mengharapkan dengan adanya Pelatihan ini para perangkat desa mampu untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan efisien ”. Ucap Randa sambil tersenyum saat diwawancarai oleh tim Abulyatama.ac.id sore, 01/09/2016.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *