Gimana Kabarnya Permainan Tradisional Indonesia ini, Ya?

SEIRING dengan perkembangan zaman saat ini begitu pesat. Ilmu pengetahuan dan teknologi sangat membantu manusia dalam mengerjakan berbagai hal untuk mempermudah segalanya. Ternyata teknologi juga membuat perubahan dalam bidang permainan. Permainan-permainan tradisional kini mulai ditinggalkan. Anak-anak sekarang lebih menggemari permainan yang berbau teknologi. Anak-anak sekarang sangat menyukai permainan seperti game console, permainan online di internet, ataupun permainan di pusat-pusat perbelanjaan.

Sebelum permainan-permainan tersebut berkembang pesat, dahulu permainan-permainan tradisional sangat digemari anak-anak pada zamannya. Permainan zaman dahulu banyak sekali mengajarkan pentingnya sebuah proses dan menyisipkan nilai-nilai kebaikan. Permainan tradisional  juga akan melatih anak dalam bersosial. Selain itu permainan tradisional juga sangat baik untuk melatih ketangkasan dan motorik anak. Jadi, meskipun zaman telah berubah, akan lebih baik jika anak-anak sekarang diperkenalkan dengan permainan tradisional karena pada intinya baik permainan modern maupun permainan tradisional sama-sama menyenangkan dan memiliki manfaat.

Berikut permainan- permainan traisional anak Indonesia yang sangat mengasyikan:

  1. Petak Umpet

petak umpet Permainan ini mewajibkan satu orang menjadi penjaga dan menutup matanya sesuai dengan waktu ditentukan. Kemudian lainnya harus mencari tempat persembunyian yang baik, agar tidak tertangkap oleh si penjaga.

 

 

 

2. Bola Bekel

38ab7-Mainan2_kompasianacom   Terdapat lima level dalam permainan ini. Cara bermainnya, kamu harus melempar bola sambil membalik-balik lima buah biji bekel tersebut. Yang berhasil melewati lima level, maka dia menang.

 

 

 

3. Bermain Gasing
unduhan Lemparkan gasing tersebut ketanah, dan biarkan dia berputar. Orang yang gasingnya paling lama berputar atau bisa bertahan, maka dialah yang menang.

 

 

 

4. Main Congklak

permainan tradisional congklak   Kamu akan mendapatkan biji serta tempat berbentuk bundar-bundar. Tugasmu adalah mengambil biji yang ada didalamnya dan masukkan sebanyak-banyaknya ke lubang biji yang kamu miliki. Biji terbanyak adalah pemenangnya.

 

 

 

 

5. Lompat Tali

unduhan (1) Kamu bisa bermain sendiri ataupun beramai-ramai. Ada dua orang teman yang akan memutar tali dari sisi kanan dan kiri, dan kamu akan melompati tali tersebut untuk melewati beberapa level.

 

 

 

6. Dolip-dolipan (Kejar-kejaran)

e73fc-Mainan6_zigachablogspotcom Dibutuhkan minimum tiga orang untuk bermain dolip-dolipan, dan kamu bisa menyelamatkan diri dengan cara menaruh jari telunjuk dibibir. Kamu bisa bergerak lagi dari tempat jika temanmu sudah menyentuh punggung dan kembali berlari lagi.

 

 

 

7. Gobak Sodor atau Hadang

images (5) Tugasmu adalah menjaga agar temanmu tak melewati batas yang telah dibuat. Apabila seluruh lawan masuk ke daerahmu, maka kamu akan kalah.

 

 

 

8. Engklek

permainan tradisional engklek

Kamu wajib untuk melompat di kotak-kotak yang tersedia untuk mengambil biji atau batu yang sudah dilempar sebelumnya.

 

 

 

 

9. Bola Sepak

b13aa-Mainan9_waginocom

Buat gawang dan peraturannya sendiri, atau tinggal mengikuti peraturan sepak bola, dan kamu bisa bermain dengan riang sampai sore.

 

 

 

10. Layang-layang

images (4)

Cukup cari lapangan luas yang jarang ada orang, dan kemudian terbangkan layangan tersebut setinggi mungkin.

 

 

 

 

11. Ular Naga

unduhan (2)

Permainan ini dimulai dengan nyanyian. Saat lagu sudah berhenti, anak yang berada ditengah ditangkap. Pada saat terakhir, dua orang di paling depan akan saling merebut mangsa.

 

 

 

12. Boneka Kertas

3526a-Mainan12_vemalecom

Anak perempuan sangat suka bermain permainan ini karena begitu lucu dan mengasah kreativitas untuk memasangkan baju-baju pada boneka.

 

 

 

 

13. Tepok Tazoz

2a8a9-Mainan13_facebookjempolerblogspotcom

Anak laki-laki sangat suka dengan permainan ini. Semakin kuat tazos yang kamu punya, maka semakin menguntungkan. Tazos yang terbalik kalah, dan yang kalah harus memberikan tazos tersebut kepada pemenangnya.

 

 

 

 

14. Ular Tangga

c809a-Mainan14_mistercheetowordpresscom

Selain ular tangga, permainan yang satu paket umumnya monopoli. Jadi, kamu harus mencapai kotak terakhir dari ular tangga tersebut, umumnya terdapat 100 kotak.

 

 

 

 

15. Yoyo

98fa2-Mainan15_jogjanewscom

Permainan yoyo begitu popular pada akhir tahun 90an. Terdapat berbagai macam gerakan serta teknik dari yoyo.

 

 

 

 

16. Tarik Tambang

86955-Mainan17_mmprimawordpresscom

Lomba menarik tali, jika tali sudah masuk ke area lawan dan orang pertama melewati batas, maka dia kalah.

 

 

 

 

 

17. Lempar Bola

0b474-Mainan18_kacamata008blogspotcom

Akan tersedia setumpuk kaleng yang harus dihancurkan dengan lemparan bola milikmu.

 

 

 

 

18. Meriam Bambu

0558d-Mainan19_kebudayaanindonesianet

Melalui alat bambu, kamu harus melumpuhkan target yang tersedia dengan cara mem”bedil” atau menembak mereka.

 

 

 

 

19. Balap Karung

permainan tradisional balap karung

Sambil menggunakan karung, kamu harus melompat-lompat mencapai garis finish. Siapapun yang berhasil melewatinya duluan adalah juaranya.

 

 

 

 

 

 

20. Enggrang

egrang

Kamu harus menaiki kayu tersebut dan berjalan menggunakannya sampai garis finish.

 

 

 

 

 

 

21. Permainan Tali

09819-Mainan22_chirpstorycom

Dari karet yang ada, kamu bisa memainkan serta mengaitkannya untuk menjadi sebuah bentuk unik, misalnya saja jembatan.

 

 

 

 

 

22. Bakiak

c531e-Mainan24_kkn-unsyiah-ateukcutblogspotcom

Permainan ini membutuhkan kekompakan. Dimainkan lebih dari dua orang agar semakin seru, banyak sekali yang jatuh karena kurang kompak, apalagi kaki mereka semua diikat dalam satu bakiak.

 

 

 

 

23. Patok Lele

images (2)

Kamu harus melempar kayu kecil dan memukulnya. Permainan ini membutuhkan ketepatan, akurasi, serta kecepatan tangan.

 

 

 

 

 

24. Ketapel

b6a09-Mainan28_kebudayaanindonesianet

Bagi yang suka melempar target, maka permainan ini asyik karena kamu akan membidik target dengan ketapel yang dimiliki.

 

 

 

 

 

 

 

Bagi yang pernah memainkan setidaknya lima diantara 24 permainan ini, selamat, berarti masa kecil kamu bahagia! Nah, bagi yang belum pernah, yuk tinggalkan gadget kalian dan mulai ajak teman-temanmu untuk bermain permainan-permainan tradisional yang mengasyikkan ini!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *