Mulai Malas OLahraga? Ini Akibatnya

Rutin olahraga? Itu kebiasaan sehat. Tapi, apa jadinya jika Anda tiba-tiba malas olahraga?

Tanpa disadari, berhenti olahraga membuat tubuh kembali tidak sehat. Efeknya bisa Anda rasakan hanya dalam beberapa minggu saja, atau bahkan hitungan hari. Ini dia akibatnya jika tiba-tiba malas olahraga, seperti dikutip dari Boldsky.com.

  1. Lemak di perut

Hati-hati, lemak di perut datang lagi ketika Anda mulai berhenti olahraga. Hanya dalam satu atau dua minggu, celana mungkin akan terasa ketat.

Ini karena jumlah kalori yang masuk ke tubuh berlebihan dan tidak dibakar dengan olahraga. Akibatnya terjadi penumpukan lemak secara perlahan.

  1. Sering Lelah

Jika biasanya tak masalah ketika naik-turun tangga, kali ini terasa sangat melelahkan. Ketika berhenti olahraga, kebugaran akan menurun. Anda akan sering merasa lelah tanpa alasan, bahkan setelah melakukan hal ringan sekalipun.

  1. Kehilangan otot

Olahraga turut membentuk kekuatan oto. Jika sebelumnya Anda rajin berlatih, kemudian tiba-tiba berhenti, maka kekuatan otot pun perlahan akan hilang. Khususnya saat berhenti olahraga dalam waktu yang lama.

Misalnya, biasanya Anda latihan angkat beban. Ketika sudah berhenti angkat beban, kekuatan pun akan menurun.

  1. Kaku

Tubuh pun akan menjadi kaku ketika berhenti olahraga. Bahkan, untuk membungkuk saja tubuh terasa berat.

Apalagi jika Anda biasanya mengikuti yoga yang membuat tingkat fleksibilitas tubuh baik.

  1. Insomnia

Pada beberapa orang, insomnia bisa terjadi setelah berhenti olahraga. Sebab, aktivitas fisik yang teratur dapat membuat tidur lebih mudah dan nyenyak.

  1. Malas

Berhenti olahraga seolah menghentikan energi yang didapat tubuh. Akibatnya tubuh menjadi malas untuk bergerak sepanjang hari.

Mulailah olahraga dengan intensitas ringan untuk mengembalikan energi Anda.

  1. Stres

Stres akan mudah muncul jika Anda berhenti olahraga. Olahraga dikenal merangsang produksi endorfin yang membuat suasana hati lebih baik.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *