5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebagai Mahasiswa Baru

MULAI menjadi mahasiswa artinya kamu siap memasuki fase kehidupan yang baru. Perubahan yang paling mudah terlihat dengan menjadi mahasiswa adalah kamu tak perlu lagi memakai seragam yang ditetapkan oleh sekolah. Namun, lebih dari itu, kehidupan menjadi mahasiswa memiliki perbedaan yang jauh lebih banyak dibandingkan kehidupan siswa sekolah. Nah, sebelum menyandang statusmu sebagai mahasiswa baru, simak lima hal yang harus kamu persiapkan sebagai mahasiswa baru berikut ini!

1. Tempat untuk ditinggali selama kuliah

Bila rumahmu masih terbilang dekat dari kampus, rasa-rasanya tak ada yang perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, bagaimana jika rumahmu sangat jauh dari kampus dan bahkan berada di kota yang berbeda? Tentu kamu harus tinggal sementara di kos selama masa kuliahmu berjalan. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih tempat kos adalah jarak yang tidak terlalu jauh dari kampus. Akan lebih baik bila kamu bisa berjalan kaki menuju kampus. Selain memberikan kesempatan untuk mengenal lingkungan sekitar, badan kamu akan semakin sehat dengan kebiasaan berjalan kaki yang dilakukan. Kemudian, suasana yang aman. Pasalnya, tak sedikit kasus pencurian terjadi di rumah kos. Selanjutnya, hal yang perlu dipertimbangkan adalah kemudahan membeli berbagai kebutuhan.

2. Pemahaman sistem pembelajaran yang berbeda

Masuk ke dunia kuliah, kamu akan mendapati sistem pembelajaran yang sangat berbeda dengan di dunia sekolah. Di sekolah, kamu akan mengikuti pelajaran sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah. Namun, di perguruan tinggi, kamu akan merasakan menentukan sendiri mata kuliah yang akan diambil dengan Sistem Kredit Semester (SKS). Jam perkuliahan milikmu dan teman sejurusanmu bisa saja berbeda karena kalian mengambil mata kuliah yang berbeda. Selain SKS ini, kamu juga perlu memahami sistem penilaian yang berbeda di dunia kuliah, yakni Indeks Prrestasi Kumulatif (IPK).

3. Cara belajar yang berbeda

Dengan sistem pembelajaran yang mandiri, pastinya kamu juga tertuntut untuk aktif belajar sendiri. Kebiasaan buruk dengan tidak mencatat pelajaran di kelas, sudah saatnya kamu buang jauh-jauh. Sebab, kamu akan sangat tertinggal jika tidak berusaha mencatat materi  kuliah sendiri di kelas. Di samping itu, kamu juga harus aktif untuk belajar sendiri di luar jam perkuliahan. Pengetahuan yang kamu dapat dari membaca banyak buku dan karya ilmiah, akan memudahkan kamu membuat tugas yang sempurna dan mengerjakan ujian.

4. Keinginan membangun sosialisasi yang baik

Lingkungan kampus membuka kesempatan selebar-lebarnya untuk menjalin pertemanan dengan banyak orang dari berbagai kalangan. Aktif bersosialisasi melalui kepanitiaan dan organisasi dapat dipastikan akan membawa banyak hal baru yang tak kamu dapat di ruang kelas. Bahkan, bukan tak mungkin, pertemanan barumu akan memudahkan kamu mendapat pekerjaan setelah lulus nantinya.

5. Mental yang kuat

Setelah semua sudah kamu persiapkan, mental kuat adalah persiapan yang tak kalah pentingnya. Menjalani kehidupan selayaknya orang-orang dewasa yang dirasa sulit dan menghadapi materi kuliah yang sukar dipahami tidak seharusnya menjadikan mentalmu lemah. Merasa putus asa dan menyerah sampai-sampai tak mau melanjutkan kuliah bukanlah jalan pintas untuk mencapai cita-citamu. Untuk itu, buatlah target yang ingin kamu capai dalam menggapai cita-citamu. Bila perlu, tuliskan di selembar kertas dan pajang di kamar agar kamu selalu termotivasi ketika mentalmu sedang jatuh.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *