Ternyata Lomba 17 Agustus Punya Makna dan Pelajaran Yang Bisa Diambil

Pasti kamu senang kan mengikuti perlombaan saat 17 Agustus? Mulai dari makan kerupuk sampai ke panjat pinang pun pernah kamu coba! Tapi tahukah kamu kalau lomba-lomba itu punya makna lebih dalam dari yang kamu kira? Kali ini kita akan mengupas pelajaran berharga di balik lomba 17 Agustus.

  1. Makan Kerupuk

Lomba yang satu ini merupakan salah satu pertandingan yang selalu ada di setiap perlombaan 17 Agustus. Makan kerupuk dilakukan dengan menggantung kerupuk di palang sambil tangan si peserta diikat di belakang. Jadi dia harus berusaha menggapai kerupuk hanya dengan mulutnya. 

Makna: Tujuan hidup tuh sama halnya dengan lomba makan kerupuk, jika kamu terus gigih untuk meraihnya, hambatan apapun pasti bisa kamu atasi.

  1. Balap Karung

Pasti dong mencoba lomba balap karung? Lomba ini cukup sulit karena kamu harus melompat-lompat menuju garis finish sambil kedua kakimu berada di dalam karung goni. 

Makna: Di dalam kompetisi balap karung, ada yang menang dan kalah. Untuk mencapai kemenangan itu, kamu harus terjatuh terlebih dahulu sebelum kembali bangkit dan memulai kembali. Begitu juga dengan mimpi, jika kamu mau cita-citamu terwujud, pasti kamu akan mengalami saat di mana kamu terjatuh. Tapi gak perlu putus asa karena kamu bisa bangun dan meneruskan usahamu yang sempat terhenti. 

  1. Tarik Tambang

Tarik tambang biasa dilakukan oleh lima sampai tujuh orang per kelompok. Satu tim harus mengalahkan tim lainnya dengan cara menarik tambang sampai melewati batas yang sudah ditentukan. 

Makna: Tarik tambang akan mengajarkan kamu bahwa untuk mencapai kemenangan bersama, dibutuhkan strategi yang baik dan tim solid. Di dalam beberapa aspek kehidupan kamu juga memerlukan strategi dan kekompakan kelompok, misalnya dalam project tim di kantor, tugas kelompok di kampus, bahkan dalam arisan bersama teman-temanmu. Eits, jangan meremehkan arisan guys, karena dengan kegiatan arisan kamu harus bisa kompak dengan sesama anggota jika ingin memperoleh hadiah. Begitu juga jika kamu bergabung di Arisan Mapan, yakni pembelian barang melalui sistem arisan. Di sini pemenang arisan tiap periode akan mendapatkan barang, bukan uang. Barangnya juga bisa kamu pilih sendiri dan langsung diantarkan di rumah. Di sini ketua arisan dan anggotanya saling bahu membahu untuk mendapatkan barang impian mereka. 

  1. Panjat Pinang

Panjat pinang merupakan lomba yang paling dinanti saat 17 Agustus. Selain karena hadiahnya yang cukup besar, keseruan lomba ini membuat penonton ikut-ikutan bersemangat. Seru banget saat menyaksikan para pesertanya yang tergelincir dan berusaha naik kembali ke tiang untuk mendapatkan hadiah yang digantung. 

Makna: Di panjat pinang, ada saatnya peserta tergelincir dan kembali merosot ke bawah. Namun, berkat bantuan dan dorongan dari orang yang berada di bawahnya, ia bisa kembali naik untuk mengambil hadiah yang tergantung.

  1. Bakiak

Ini nih salah satu lomba yang paling sulit untuk dilakukan karena selain keseimbangan, kamu juga perlu keselarasan dengan anggota timmu. Hati-hati jatuhnya! 

Makna: Pada lomba bakiak, kamu diajarkan bagaimana bekerjasama dengan kompak di dalam tim. Kamu dan anggota tim lainnya juga harus bisa sejalan supaya bisa mencapai ke goal kalian. Setiap kelompok juga memerlukan ketua untuk membawa mereka pada kesuksesan. Sama halnya dengan arisan, di Arisan Mapan, ketua arisan akan membantu para anggota meraih barang yang mereka inginkan. Ketua Arisan Mapan juga akan mendapatkan komisi dengan sistem bagi hasil dari setiap produk yang dijual oleh ketua Arisan.

  1. Joget Balon

Lomba ini dilakukan oleh dua orang dengan balon yang diletakkan di antara kepala mereka. Kemudian mereka harus berjoget tanpa menjatuhkan balon tersebut sampai lagu yang diputar berakhir. Seru banget ‘kan?

Makna: Pada lomba ini, kamu harus kompak dengan pasangan berjogetmu dan berjoget secara sepadan agar balonnya gak terjatuh. Ketika kamu bekerja dengan orang lain, kamu harus memikirkan cara yang paling tepat agar kelompokmu bisa menuju keberhasilan.

  1. Bawa Kelereng Pakai Sendok

Dari TK sampai dewasa, kompetisi ini tetap gak ada matinya di setiap perlombaan kemerdekaan. Kamu diharuskan menjaga keseimbangan kelereng yang ditaruh di sendok yang kamu gigit. Kalau sampai di garis akhir kelerengmu masih berada di sendok, itu artinya kamulah pemenangnya! 

Makna: Saat bermain kelereng di atas sendok, konsentrasimu akan sangat dilatih. Selain harus fokus, kamu juga harus memikirkan strategi yang paling menguntungkan, misal menggigit sendok di ujung mulut atau berjalan secara perlahan-lahan. Di sini kamu akan dilatih untuk mengambil keputusan dalam hidup.

Nah, kamu sudah tahu kan makna-maknanya. Ternyata meski banyak orang menyangka kegiatan ini hanya untuk senang-senang tapi pada dasarnya permainan-permainan 17 Agustus membuat kita bisa bekerja sama dengan tim lainnya. Semangat gotong royong dan kekompakan tim juga ada pada kelompok Arisan Mapan. Ketua kelompok lomba 17 Agustus juga bisa belajar bagaimana cara memimpin yang baik, sama seperti ketua Arisan Mapan.

sumber : IDNtimes.com

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Lomba tarik tambang. sumber: abulyatama.ac.id […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *