Ken Soetanto; Jenius Asal Indonesia Penyandang 4 Gelar Doktor di Jepang

NAMA Ken Soetanto sangat terkenal di kalangan ilmuwan di Negara Jepang, Namun siapa sangka, ia merupakan ilmuwan jenius asal Indonesia yang sangat dihormati di Jepang. Ia merupakan seorang ilmuwan yang memiliki banyak penemuan dan juga paten atas penemuannya. Selain itu ia juga merupakan ilmuwan asal indonesia yang menyandang 4 gelar doktor di Negara Jepang dan merupakan prestasi yang luar biasa untuk anak bangsa yang berada di Negara Jepang. Mengenai profil atau biografi Ken Soesanto sendiri, ia dilahirkan dengan nama lengkap Ken Kawan Soetanto, ia dilahirkan di Surabaya pada 01 Januari 1951.

Ken Soetanto mulai bersekolah di SD Ta Chung, kemudian pindah ke SD Shi Hwa namun ia pindah lagi ke SD Ming Jiang di Surabaya. Tamat dari sana, ia kemudian masuk ke SMP Chung Chung dan kemudian melanjutkan Sekolah menengah Atasnya di SMA Chung Chung di Surabaya. Setelah menamatkan sekolahnya di Surabaya, ia kemudian melanjutkan pendidikannya dengan kuliah di negara Jepang tepatnya di Universitas Tokyo jurusan Agriculture and Technology dan lulus pada tahun 1977.

Orang Indonesia Yang Memiliki 4 Gelar Doktor

Ken Soetanto kemudian bekerja di Jepang sembari terus mengembangkan ilmu pengetahuannya di sana. Saat ini ia dikenal sebagai orang asal indonesia yang memiliki 4 gelar Doktor di Jepang yaitu doktor di bidang Rekayasa, Farmasi Sains, Pendidikan dan juga Kedokteran. Ia banyak melakukan penelitian bidang interdisipliner dari keempat bidang ilmu tersebut. Dan beliau telah banyak mempublikasikan hasil penelitian dan penemuannya di bidang pendidikan, psikologi, mekanisme motivasi, pengukuran, peralatan, obat-obatan, pedagogi, dan rekayasa biomedis.

Pemegang 28 Paten di bidang Farmasi dan Kedokteran

Ken Soetanto memiliki 26 paten di Jepang dan 2 paten di Amerika Serikat atas penemuannya di bidang farmasi, elektronika dan juga ilmu kedokteran. Salah satu patennya yang paling terkenal di Jepang adalah obat yang mampu menelusuri sistem jaringan pembuluh darah yang dapat mencari sel-sel kanker dan kemudian melumpuhkannya.

Obat tersebut ia namakan ‘The Nano-Micro Bubble Contrast Agent’. Pemerintah Jepang sendiri bahkan memberiia penghormatan yang tinggi kepada Ken Soetanto atas kontribusinya dalam pengembangan ilmu pengetahuan di Jepang melalui departemen The New Energy and Industrial Technology Development Organization.


3374133_20140904091430


Kini Prof. Dr. Ken Kawan Soetanto menjabat sebagai profesor di School of International Liberal Studies (SILS), ia juga mantan Dekan Urusan Internasional Divisi Waseda University, Ia juga Direktur Klinik Pendidikan dan Science Research Institute (CLEDSI). Sejak tahun 2005 ia juga menjadi profesor di Venice International University, Italia. Sebelumnya menjabat posisi fakultas di Amerika Serikat pada Universitas Drexel dan di Fakultas Kedokteran Universitas Thomas Jefferson.

Saat ini ia merupakan anggota Fellow dari Society Akustik of America, dan juga anggota pada The American Institute of Ultrasound Kedokteran, serta anggota senior IEEE, dan Ia juga menjabat sebagai penasihat pemerintah  Jepang di Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri, dan sebagai anggota dari Visi Pemerintah Jepang inisiatif abad ke-21. Ia dikenal sebagai pengajar yang mengembangkan metode perkuliahan yang unik dan sangat memotivasi untuk mahasiswanya, ia telah banyak didokumentasikan di Jepang dan lebih jauh sebagai ‘Soetanto Metode’ dan ‘Soetanto Efek’.

|SUMBER : www.biografiku.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *