Benjamin Franklin; Presiden Amerika Penemu Lensa Kacamata

KACAMATA kini semakin berkembang dari yang semula fungsional hingga sebagai trend fashion. Kacamata awalnya terbuat dari kuarsa, kini lensa kaca bahkan ada yang plastik. Zaman semakin berkembang, kacamata juga mulai berkembang pesat dari bentuk dan frame yang digunakan.

Tapi siapa sebenarnya penemu lensa kacamata?

Ialah Benjamin Franklin, seorang ilmuwan, penemu, pengarang dan diplomat, ia juga merupakan Presiden Amerika Serikat pada waktu itu. Ia berhasil menemukan kacamata bifokus, dengan lensa cembung dan lensa cekung dalam satu bingkai pada tahun 1784. Pada tahun 1884, Benjamin masih menghasilkan lensa bifokus yang terbuat dari beberapa potongan, meski sudah direkatkan. Pada tahun 1908 dan 1910, lensa cembung dan lensa cekung sudah menyatu dalam satu lensa, penemuan tersebut berkat eksperimen yang terus dilakukan oleh Benjamin.

Benjamin lahir di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, pada 17 Januari 1706. Benjamin menikah dengan Deborah Read pada tahun 1730, ia dikaruniai dua anak dari pernikahannya itu. Salah satunya bernama Sarah Franklin yang lahir pada tahun 1743.

Benjamin sempat menjabat sebagai Presiden Dewan Eksekutif Pennsylvania, tindakan publik terakhir yang dilakukannya adalah menulis sebuah risalah anti perbudakan pada tahun 1789. Benjamin meninggal dunia pada 17 April 1790, pada usia 84 tahun dan dimakamkan di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat.

Baca Selengkapnya

|Sumber: penemu.co

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *