TRC (Tim Reaksi Cepat) Unaya Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Bersama PMI

Sabtu(14/5) merupakan hari pertama dari terselenggaranya pelatihan penanggulangan bencana yang diadakan oleh TRC (Tim Reaksi Cepat) Unaya yang bekerjasama dengan PMI (Palang Merah Indonesia). Pelatihan ini dimulai pada pukul 9.00 WIB di lantai 1 tepatnya di ruang kuliah pakar yang mana turut diramaikan oleh sejumlah mahasiswa unaya dari setiap fakultas yang siap dan tanggap berperan dalam penanggulangan bencana.

Pada hari pertama ini, pihak PMI yang mana sebagai pemateri dalam pelatihan ini telah mensematkan beberapa teori atau pengetahuan kepada peserta pelatihan sebelum diperbolehkan untuk mengikuti simulasi yang akan diadakan besok, minggu (15/5).

Ada banyak ilmu yang diajarkan tentang bagaimana melakukan pertolongan pertama pada korban bencana, diantaranya yaitu BLS (Basic Life Support) dan ACLS (Advance Cardio Life Support). Selain itu, para peserta juga diperkenalkan dengan beberapa alat yang biasa digunakan dalam melakukan penanggulangan bencana. Dan setelah peserta dipermantapkan dengan pengetahuan yang baik maka peserta akan mudah untuk mengikuti simulasi.

Setelah hari ini, kegiatan yang sangat di tunggu-tunggu oleh peserta pelatihan adalah simulasi, yang mana peserta akan langsung mempraktikkan apa yang telah disampaikan pada hari ini. Dan simulasi tersebut akan dilaksanakan esok hari (15/5).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *