Ini Tips Menembus Pagar Persaingan Beasiswa LPDP

MELANJUTKAN pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tentu keinginan setiap orang. Namun, masalah yang sering dihadapi adalah soal besarnya biaya yang diperlukan. Di era dewasa ini, biaya bukanlah kendala berarti yang bisa menghalangi niat anda untuk bisa terus melanjutkan pendidikan. Selain kemauan dan niat yang kuat, banyak cara yang bisa ditempuh untuk menggapai cita-cita anda. Salah satunya adalah dengan beasiswa. Saat ini sangat banyak lembaga yang menyediakan beasiswa baik di dalam negeri maupun diluar negeri. Salah satunya adalah beasiswa LPDP.

Mungkin anda bertanya-tanya apa itu LPDP? Ya, LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan dimana lembaga ini bekerja dibawah pengawasan tiga kementerian yaitu Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama.

Beasiswa LPDP ini mencakup untuk program Megister (dalam dan luar negeri), Doktor (dalam dan luar negeri). Masa studi program megister selama 2 tahun dan untuk program Doktor selama 4 tahun.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut anda tentu harus belajar keras karena memang persaingannya sangat ketat, selain keterampilan akademik, anda juga harus punya jiwa kepemimpinan, So, Don’t Study Oriented. Be The Leader. Nah, selain itu anda juga perlu membaca tips-tipsnya.

Berikut kami sajikan beberapa tips untuk bisa menembus pagar persaingan beasiswa LPDP sebagaimana di sadur dan di publikasikan oleh Beasiswa Indonesia dari sahabatbeasiswa.com serta dikutip oleh abulyatama.ac.id. Ada dua tahapan seleksi yang harus anda ikuti dan persiapkan, yaitu :

TIPS SELEKSI ADMINISTRASI :

  1. Lengkapi semua dokumen.

Setiap beasiswa termasuk LPDP pasti meminta sejumlah dokumen sebagai syarat administratif. So, persiapkan dokumen-dokumen tersebut dari sekarang. Scan and save from now.

  1. Study Plan.

Study plan harus menonjolkan kontribusi untuk pembangunan Indonesia, atau yang outputnya dapat meningkatkan nilai tambah suatu produk atau jasa. You must understand your study plan and be commit for it. Studyi plan ini biasanya banyak ditanya juga ketika sesi wawancara. So, buktikan keseriusan mu.

  1. Esai

Korelasikan antara essai dan study plan. Fokuskan pada inti permasalahan dan berikan solusinya. Pastikan kamu bisa berperan didalam solusi tersebut.

  1. Surat Rekomendasi.

Mulai dari sekarang, yuk bangun personal branding yang kuat biar mudah dapat surat rekomendasi dari berbagai pihak yang kamu inginkan. Surat rekomendasi bisa dari dosen, tokoh masyarakat, atau organisasi.

  1. Buat email khusus untuk LPDP, atau minimal jangan pakai email yang alay dan tentu saja harus memudahkan kamu juga.

TIPS SELEKSI WAWANCARA

PRA WAWANCARA

  1. Kuasai study plan dan essai. Persiapkan beberapa alternatif pertanyaan. Coba lakukan simulasi wawancara. Kamu bisa mencobanya dengan temanmu maupun mereka yang sudah terlebih dahulu mendapatkan beasiswa LPDP.

SAAT WAWANCARA

  1. Tunjukkan kesopananmu. Jabat tangan para interviewer satu per satu. Ayo, belajar cara berjabat tangan yang benar dan kuatkan mental anda.
  2. Jam berapa pun jadwal kamu wawancara, usahakan datang paling pagi. Bisa jadi, ada perubahan jadwal. Jangan sampai rezekimu hilang hanya karena masalah telat.
  3. Tetaplah tenang tatkala wawancara. Minta ketenangan hati dari-Nya, niscaya jika tenang anda akan menang.
  4. Gunakan pakaian cerah atau pakaian yang membuat anda nyaman dan percaya diri.
  5. Beri salam penutup di akhir wawancara dan ucapkan terimakasih.

Intinya, untuk bisa mendapatkan beasiswa LPDP dan mungkin saja beasiswa lainnya, anda harus menonjolkan apa yang telah dan akan anda lakukan untuk Indonesia. Kemudian mempertanggung jawabkan apa yang telah anda tulis, dan tentunya kamu juga harus belajar yang kuat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *