Dosen Unaya Hadiri Sosialisasi Perkembangan Industri Hulu Migas di UI

SEBANYAK lima orang dosen Universitas Abulyatama (Unaya) mengikuti sosialisasi terkait perkembangan terkini Industri Hulu Migas di Indonesia. Sosialisasi tersebut berlangsung di Balai Rung, Universitas Indonesia (UI) Rabu 25 November 2015.

Acara yang diselenggarakan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK MIGAS) tersebut bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia dan Universitas Trisakti.

Dalam sosialisasi itu dibahas beberapa agenda yang dibagi kedalam tiga sesi yaitu sesi pertama tentang Pengenalan Industri Hulu Migas, sesi kedua tentang Krisis Energi, Sesi ketiga tentang Kendala pada Industri Hulu Migas dan terakhir sesi tentang bagaimana kontribusi akademisi mengatasi kendala yang dihadapi.

Salah satu peserta sosialisasi kepada abulyatama.ac.id, Mahyuddin ST MT, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menampung pemikiran-pemikiran para akademisi dalam pengelolaan sumber daya energi di Indonesia juga mensosialisasikan kinerja dari SKK Migas itu sendiri.

“Forum ini dikhususkan untuk para akademisi karena misi mereka adalah untuk membentuk satu induk usaha migas, karena selama ini dikelola secara sendiri-sendiri, dengan adanya ide-ide dari akademisi sehingga nanti bisa lebih bagus pengelolaannya,” Kata Mahyuddin ketika ditemui di ruang kerjanya, Sabtu 28 November 2015.

Selain Mahyuddin yang mewakili Universitas Abulyatama turut pula hadir Dekan Fakultas Hukum Wiratmadinata, Usman, Yusrizal, Aprilian Perdana dan Muhammad Zardi.

Mahyuddin juga mengatakan dari Aceh ada beberapa kampus yang diundang diantaranya Unsyiah, Unimal Lhokseumawe, Politeknik Aceh. “Alhamdulillah kampus swasta di Aceh hanya Unaya yang diundang,”Ujarnya.

Sosialisasi SKK Migas di Unaya.

Sebelumnya, Selasa 13 Oktober 2015 SKK Migas juga telah melakukan sosialisasi mengenal lebih dekat industri hulu minyak dan gas bumi yang berlangsung di Balee Nyak Syech, Universitas Abulyatama.

Acara yang dibuka oleh Wakil Rektor II Unaya tersebut menghadirkan pemateri dari Dirjen Minyak dan Gas bumi, Kementerian ESDM dan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Aceh serta di pandu oleh moderator Dekan Fakultas Hukum Unaya, Wiratmadinata.

Pada kesempatan itu, kepala bagian Hubungan Masyarakat SKK Migas Elan Biantoro mengatakan bahwa sosialisasi itu merupakan bagian dari dukungan SKK Migas atas dibentuknya Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA).”Peraturan Pemerintah tentang BPMA sudah diterbitkan, dan SKK Migas siap mendukung penuh berdirinya BPMA ini,” Ujar Elan saat itu.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *