Cut Nyak Dhien; Pahlawan Nasional Asal Aceh

PAHLAWAN  adalah tokoh pejuang  yang mengorbankan jiwa dan raga demi bangsanya. Dan 10 November 1945 ditetapkan sebagai Hari Pahlawan Nasional Indonesia. Peringatan ini bermula dari pertempuran dahsyat di Surabaya.

Aceh sendiri memiliki seorang pejuang perempuan yang  berani maju berperang untuk indonesia. Dia adalah Cut Nyak Dhien, wanita pemberani yang wafat pada tanggal 06 November.

Cut Nyak Dhien ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan SK Presiden RI Soekarno nomor 106 tahun 1964 pada tanggal 2 Mei 1964.

Sebagai mahasiswa Abulyatama Dina Geubrina Rizky dan Cut Deby Rahmayunita juga ikut menyuarakan hari Pahlawan Nasional dengan bernostalgia perjuangan Cut Nyak Dhien yang dulu memiliki jiwa yang dan semangat besar untuk kemerdekaan bangsa.

“Cut nyak dhien itu wanita pertama yg berani maju berperang. Kita generasi muda harus menghargai dan mengingat perjuangannya untuk bangsa ini. Kita juga harus memiliki kobaran semangat seperti pejuang – pejuang dahulu. Tentunya dengan keilmuan kita agar pembangunan di negeri ini semakin maju dan sejahtera. Rasa bangga terhadap perjuangan mereka juga harus terjaga,” kata Deby dan Dina saat diwawancari oleh tim Abulyatama.ac.id.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *