Fakultas Kedokteran Abulyatama; Rencana penyebarluasan RS jejaring

DALAM menjalankan pendidikan sarjana kedokteran, ada tahap yang harus diikuti untuk mendapatkan gelar dokter, yaitu tahap profesi dokter. Tahap ini merupakan tahap lanjutan dari sarjana pendidikan dokter. yaitu suatu pekerjaan kedokteran yang dilaksanakan berdasarkan suatu keilmuan dan kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan yang berjenjang, serta kode etik yang bersifat melayani  masyarakat sesuai UU  No. 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran, dan bertempatkan langsung di Rumah sakit atau pusat pelayanan kesehatan.

Setelah menjalin kerjasama dengan beberapa Rumah Sakit Umum daerah yang ada dibeberapa kabupaten di Aceh. Pihak Fakultas Kedokteran Abulyatama berencana untuk memperluas ikatan kerjasamanya dengan Rumah sakit yang ada di Takengon. Baru-baru ini, perwakilan dari pihak dekan fakultas kedokteran Abulyatama telah melakukan peninjauan mengenai RS jejaring. Mereka akan bekerjasama untuk memfasilitasi program profesi dokter di Fakultas Kedokteran. Rumah sakit tersebut adalah BLUD RSU Datu Beru Takengon yang beralamat di jalan Rumah Sakit
No.153  Nunang Antara, Bebesen, Takengon, Aceh Tengah, Aceh.

BLUD RSU Datu Beru Takengon adalah Rumah Sakit Umum Daerah tertua yang ada di Aceh Tengah, yang berdiri sejak masa penjajahan kolonial Belanda yaitu pada tahun 1939. Dan  Pada tahun 2009 berdasarkan SK Menkes RI Nomor 549/Menkes/SK/VII/2009, tanggal 15 Juli 2009 Rumah Sakit Umum Datu Beru Takengon ditetapkan sebagai Rumah Sakit Umum Daerah dengan klasifikasi kelas B, dan ditetapkan sebagai Rumah Sakit Pendidikan.

Salah satu alasan memilih untuk menjalin kerjasama dengan RS tersebut karena jangkauan RS tersebut sangat mudah, dan juga berhubungan untuk mempermudahkan bagi sarjana pendidikan dokter untuk melanjutkan tahap profesi dokternya.

Fakultas kedokteran Abulyatama mulai menyalurkan sarjana yang  akan melanjutkan program profesi dokter ini diperkirakan pada awal tahun 2016.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *