Mengintip Kegiatan Diklat PMI KSR Unit 03 Abulyatama

“Dengan kata menggerakkan hati , Dengan hati menggerakkan tangan, Hadirkan kedamaiyan di permukaan bumi”. Kalimat itu merupakan moto di PMI KSR Unit 03 Abulyatama. Rabu (04/11) pukul 23.20 WIB kegiatan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) calon ralawan PMI berlangsung.

Pelaksanaan Diklatsar itu mengangkat tema Menciptakan Relawan Yang Profesional Dan Berdisiplin Tinggi. Pelaksanan kegiatan yangg berlangsung 7 hari 6 malam dimulai pada tanggal 3-8 november. Semua peserta diarahkan untuk bermalam di kamp yang berada di belakang gedung keperawatan Abulyatama.

Peserta calon relawan ini diberi kemudahan dalam mengikuti kegiatan. Jika ada jam masuk kuliah maka peserta Diklatsar diberi izin masuk kuliah. Namun dengan perjanjian selesai kuliah peserta diharuskan kembali lagi ke kamp untuk melapor dan mengikuti kembali kegiatan itu.

Kegiatan para calon relawan PMI ini sangat teratur, mulai bangun pagi pukul 05.00 wib , kemudian bersiap untuk melaksanakan salat saubuh di masjid , olah raga pagi , istirahat sejenak lalu mandi pagi , makan bersama , kemudian pada pukul 08.00 wib peserta di beri materi hingga pukul 12.00 tengah malam. Proses ini terus berlanjut setiap harinya.

Saat di temui salah satu peserta calon relawan PMI bernama Putri Nurul Mutia mahasiswa Fakultas Kedokteran ia mengatakan “Ingin menambah pengalaman, kemudian saya ingin mengetahui apa saja yang dilakukan sebagai relawan,” katanya.

PMI KSR unit 03 Abulyatama yang berdiri sejak tahun 1996 ini, dalam acara Diklatsar tidak hanya mendatangkan pemateri dari senior yang telah menyelesaikan pelatihan RFL (Restor Family Link) tetapi juga mendatangkan pemateri dari PMI cabang Aceh Besar.

Feri Zuirufan mahasiswa Prodi Bahasa Inggris juga selaku Komandan di KSR unit 03 Abulyatama mengatakan dalam pelatihan ini mereka ingin menumbuhkan solideritas antar sukarelawan,” ujarnya

“Semoga nantinya Ukm PMI Ksr unit 03 Abulyatama terus menjadi organisasi yang bisa membangun kampus,” kata Feri.

Sawilda, mahasiswa Prodi Teknik Mesin ini selaku ketua panitia mengatakan, jangan pernah takut berorganisasi karna berorganisasi tidak akan pernah mengganggu kuliah malah kalau kita berorganisasi kita akan mendapat pengalaman lebih banyak dan keluarga baru.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *