Gadis Cantik Ini Pernah Menjadi Presiden Wanita Pertama Di Unaya

TRACK record menjadi seorang presiden mahasiswa, dinilai dari jejak rekam seorang yang berjiwa aktivis yang berfikir kritis dan selalu menjadi panutan dan sorotan bagi orang banyak. Menjadi Seorang pemimpin pernah menjadi tantangan dan pengalaman tersendiri bagi gadis cantik ini yang bernama lengkap Indah Pinta Sari.

Dalam catatan dari periode ke periode Presiden Mahasiswa Universitas Abulyatama pertama dipimpin oleh seorang wanita yaitu pada periode 2013-2014, dimana kesetaraan gender tak membuat wanita asal Aceh Barat ini goyah dengan terpilihnya sebagai Mahasiswa no 1 pada kala itu.

Indah Pinta Sari adalah Presiden Mahasiswa periode 2013-2014 di Universitas Abulyatama. Gadis Cantik ini lahir di Meulaboh Kabupaten Aceh Barat 5 mei 1990. Anak pertama dari empat bersaudara ini dilahirkan dari keluarga petani.

Indah Pinta Sari menyelesaikan sekolah dasarnya pada umur 13 tahun pada tahun 2002 di SDN Leung Tanoh Thoe, setelah itu melanjutkan ke MTsN 1 Model Meulaboh lulus pada tahun 2005, selama sekolah di MTsN 1 Model Meulaboh pada saat kelas XII dia dipercayakan sebagai ketua UKS dan juga sekertaris Osis. Dari situlah dia sudah mulai mengenal kepemimpinan walau pada saat itu belum terlihat jelas kepemimpinannya namun ia cukup sukses mengenal roda organisasi dengan baik. Setelah lulus dari MTsN 1 Model Meulaboh dia melanjutkan studinya ke SMAN 2 Meulaboh.

Mottonya Berbuat Lebih Bukan Berarti Berharap Lebih yang membuat mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama ini yang membuatnya tak gentar dan pantang menyerah. Pernah menjabat sebagai Presiden Mahasiswa Universitas Abulayatama ia mengatakan. “Senang karena masyarakat Unaya masih mempercayai perempuan juga bisa memimpin suatu organisasi kampus yang kedudukannya setara dengan rektor”. Katanya kepada tim abulyatama.ac.id di Kantin induk Unaya.

“Sekaligus membuktikan bahwa ternyata Presiden Mahasiswa perempuan dan wakilnya laki-laki mampu menjadi partner dalam memajukan organisasi,” ujarnya. Kemudian ia melanjutkan “Sudah dibuktikan dengan wakil laki-laki, sekjen laki-laki, dan menteri-menteri didominasi oleh laki-laki ternyata tidak ada hambatan sedikitpun, malah lebih membuka peluang untuk saling melengkapi. Aksi sekalipun ketika itu saya sendiri yang pimpin dan membuktikan bahwa perempuan itu mempu secara publik dan domestik,” ujarnya sambil tersenyum manis.

Dalam hal prestasi, Indah Pinta Sari layak di apresiasi. Sebut saja prestasi yang pernah dia raih antara lain ; Juara 1 baca puisi tingkat kabupaten Aceh Barat tahun 2007, Juara 1 pidato tingkat Kabupaten Aceh Barat tahun 2008, Juara 1 cerdas cermat tingkat kabupaten Aceh Barat tahun 2008, dan juara 1 debat tentang perdamaian Aceh se Universitas Banda Aceh dan Aceh Besar tahun 2013.

Gadis yang beralamat di desa Alue Peunyareng 2 Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat ini punya berbagai pengalaman didalam organisasi sebut saja sebagai pengurus HMI Cabang Meulaboh, Kabid PP IPELMABAR, Sekjen DPM Unaya, Presma Unaya, dan sekarang aktif sebagai pengurus KAHMI Aceh Besar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *