Ini Sistem Pembelajaran Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama

SEIRING berkembangnya teknologi, sistem pembelajaran dalam pendidikan dokter juga semakin cangih. Banyak pilihan kurikulum yang diberlakukan universitas untuk menunjang perkuliahan. Universitas Abulyatama misalnya, mulai memberlakukan  Sistem Problem Based Learning (PBL) dalam perkuliahan.

Kurikulum yang berlaku dalam proses pendidikan dokter berbeda dengan fakultas lainnya. Perbedaannya terletak pada pembelajaran blok, dilakukan setiap 6 minggu sekali.

Sistem ini mengaplikasikan pembelajaran student based learning (SBL). Dalam sistem ini mahasiswa dituntut untuk lebih aktif dalam belajar. Sedangkan dosen hanya bersifat sebagai fasilitator, tidak ikut dalam menggali informasi serta menyiapkan bahan belajar mengenai materi perkuliahan.

Sebagai rutinitas kegiatan pembelajaran di Universitas Abulyatama, beberapa kegiatan perkuliahan seperti kuliah pakar, tutorial, skill lab, serta praktikum seperti anatomi, histologi, dan ada banyak praktikum lainnya wajib di ikuti Mahasiswa.

Setiap kegiatan perkuliahan dilaksanakan di lantai 1, mulai dari ruang kuliah pakar, ruang skill lab, dan sebagiannya terdapat beberapa ruangan praktikum dasar. Sementara itu untuk ruangan tutorial berada di lantai 2 gedung utama Universitas Abulyatama.

Sebuah kesenangan juga bagi mahasiswa kedokteran Universitas Abulyatama karena fasilitas yang memadai, menunjang proses pembelajaran civitas akademika. Tutorial sebuah forum diskusi dalam jam perkuliahan, mahasiswa diberikan scenario masalah yang harus dibahas tuntas. Selain itu juga ada skill lab, di sinilah mahasiswa akan belajar keterampilan medis dan didasari dengan beberapa pengetahuan mengenai keterampilan yang akan dilakukan.

Dengan diterapkan sistem pembelajaran PBL, mahasiswa tidak kehabisan bahan untuk diskusi. Sebab bahan yang dibawa sendiri oleh mahasiswa internet maupun perpustakaan yang berada di lantai 3 gedung Fakultas Kedokteran. Perkuliahan skill lab Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama juga telah menyiapkan fasilitas yang lengkap dan tentunya hal ini sangat membantu mahasiswa dalam mempelajari keterampilan itu.

Meskipun sistem kurikulum konvensional telah dikembangkan menjadi PBL bagi fakultas kedokteran, namun masih digunakan disalah satu perkuliahan Fakultas Kedokteran yang disebut kuliah pakar.

Kuliah pakar ini merupakan perkuliahan yang disampaikan oleh pengajar berbentuk presentasi slide yang merupakan bahan belajar dari hasil yang sudah dibahas didalam tutorial.

Dalam kuliah pakar ini hampir menyerupai tutorial yang penuh dengan tanya jawab. Hanya saja kuliahnya diberikan oleh pengajar atau system pembelajaran seperti ini dinamakan teacher center learning(TCL).

Usai kegiatan perkuliahan rutin, mahasiswa kedokteran juga harus wajib mengikuti ujian blok, untuk melihat serapan materi yang dibahas selama enam minggu.

Selain mata kuliah kesehatan, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama diberi mata kuliah umum. Sebab maetri yang diberikan dalam kuliah umum dapat bermanfaat bagi seorang calon seorang dokter.[]

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *