Fakultas Perikanan yang Tertua di Aceh Adanya di Unaya

DI kalangan sebagian mahasiswa tidak menyadari bahkan ada yang tidak tahu, bahwa salah satu fakultas di Universitas Abulyatama adalah yang tertua di Aceh.

Ya, itulah Fakultas Perikanan Universitas Abulyatama dengan usia  sudah 25 tahun, hingga kini berdiri kokoh dan terkemuka di Aceh. Fakultas inilah yang pertama dan tertua di Aceh dibandingkan usia fakultas perikanan yang ada di universitas negeri maupun swasta lainnya di Aceh.

Jadi, tak heran jika alumninya juga tersebar ke seluruh pelosok tanah rencong maupun yang tersebar se antero nusantara. Profesi alumni Faperi Unaya juga beragam ada yang menjadi pengusaha, akademisi, dan di lembaga lainnya.

Jamak pula jika  alumni Fakultas Perikanan Universitas Abulyatama telah banyak melahirkan lulusan yang berkualitas. Misalnya Ir. Teuku Dhiauddin (Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh) dan Aliman Selian S.Pi M.Si (Kepala Pelabuhan Lampulo).

Merupakan dua alumni Perikanan Unaya dari puluhan alumni perikanan lainnya yang sukses dan memegang jabatan penting di bidang perikanan.

Sejarah :

Fakultas Perikanan dalam lingkungan Universitas  Abulyatama Aceh didirikan sejak tahun 1985, melalui Surat Keterangan Persetujuan Pendirian Sementara  Koordinator Kopertis Wilayah I No. 238/SK.PPS/Kop.I/1985, Tanggal 12 Agustus 1985, dimaksudkan sebagai salah satu perkuatan pilar untuk mewujudkan cita-cita pendirian Universitas Abulyatama.

Fakultas ini sejak didirikan memiliki tiga Jurusan/Program studi yaitu; (1) Budidaya Perairan; (2) Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan; dan (3) Teknologi Hasil Perikanan, melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0648/0/1986, mendapat Status “Terdaftar”,

Kemudian pada tahun 1989 meningkatkan statusnya menjadi “diakui”, dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0210/0/1989. Pada tahun 1992 Fakultas Perikanan kembali terjadi perubahan peningkatan status menjadi “disamakan” sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 373/DIKTI/Kep/1992.

Selanjutnya dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 78/D/O/1997 tanggal 17 November 1997 telah ditetapkan program studi untuk program sarjana yang terakreditasi dan tidak terakreditasi bagi sebagian program studi sarjana pada perguruan tinggi.

Pada kesempatan ini Fakultas Perikanan Unaya mengajukan usulan akreditasi ke BAN-PT, selanjutnya  sesuai dengan Surat Keputusan BAN-PT, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 001/BAN-PT/Ak-I/VIII/1998, ketiga program studi di bawah Fakultas Perikanan mendapat nilai Akreditasi. Misalnya, Prodi Budidaya Peraian (BDP) mendapat “B”, Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP)  juga bernilai “B”. []

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *