Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama

FAKULTAS Kedokteran mendapat izin operasional pada tahun 1994, sebagai salah satu fakultas di lingkungan Universitas Abulyatama Aceh (Unaya Aceh), yang berada dibawah naungan Yayasan Abulyatama Aceh, yang didirikan oleh DR. (HC).H.Rusli Bintang bersama dengan tokoh masyarakat. FK Unaya Aceh merupakan salah satu fakultas dari 8 (delapan) fakultas yang ada di Universitas Abulyatama Aceh. FK Unaya Aceh didirikan pada tahun 1994 dengan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.504/DIKTI/Kep/1966, tanggal 23 Oktober 1996, dengan status terdaftar. FK Unaya mempunyai akreditasi “C” dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 022/BAN-PT/Ak-/XII/2005, tanggal 08 Desember 2005. Akreditasi ulang pada tahun 2009 dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 031/BAN-PT/AK-XII/S1/X2009 dan mendapat akreditasi “C” yang berlaku sampai dengan   23  Oktober 2014.

Sekarang ini, fakultas Kedokteran terdiri atas 3 (tiga) program studi, yaitu:

  1. Kedokteran Umum
  2. Ilmu Keperawatan
  3. D IV Bidan Pendidik

VISI

Menjadikan Fakultas Kedokteran yang menghasilkan  sarjana kedokteran dan Dokter yang unggul dalam bidang Kesehatan komunitas, dan memenuhi standar kompetensi Dokter Indonesia, serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral, etika dengan berlandaskan Islam pada tahun 2015.

MISI

  • Menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi (pendidikan & pengajaran, penelitian & pengabdian pada masyarakat), sesuai dengan Standar Pendidikan Dokter Indonesia.
  • Meningkatkan kualitas akademis dengan menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, keselarasan/ keesepadanan (link & match) untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja.
  • Meningkatkan daya dukung sarana & prasarana secara berkelanjutan.
  • Meningkatkan kualitas staf pengajar sesuai kompetensi
  • Memperluas jaringan kerjasama & kemitraan baik dengan Institusi Pemerintah maupun swasta dalam bidang kesehatan.
  • Mempertajam kecerdasan Spiritual, Emosional, &  kecerdasan Intelektual.
  • Mengembangkan iklim akademik yang beretika, kondusif, dinamis, & demoktaris.
  • Melanjutkan penyantunan anak yatim dengan tetap memperhatikan kelangsungan pendidikannya.

TUJUAN

  • Menghasilkan Sarjana Kedokteran dan Dokter yang unggul dalam bidang Kesehatan komunitas, dan memenuhi standar kompetensi Dokter Indonesia, serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral, etika dengan berlandaskan Islam pada tahun 2015.
  • Terciptanya iklim akademik yang kondusif, beretika, dinamis, dan demokratis.
  • Terselenggaranya peralihan paradigma pendidikan Dokter yang semula menjalankan pada sistem pendidikan konvensional kemudian beralih ke sistem pendidikan berbasis kompetensi yang didasari pada nilai-nilai islami secara konsisten dan berkelanjutan.[]
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *