Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Abulyatama

FAKULTAS Kesehatan Masyarakat dari masa perintisannya mendapatkan izin operasional yang dikeluarkan oleh Kopertis Wilayah I untuk mengelola program S-0 untuk jurusan Keperawatan.Melalui penilaian selanjutnya diberikan status “terdaftar” dan mulai tahun akademik 1994/1995 dipercayakan untuk mengelola program S-1 untuk jurusan Keperawatan, Kesehatan Masyarakat dan Kesehatan Lingkungan. Melalui kerjasama yang ditanda-tangani oleh Pendiri Yayasan Abulyatama (H.Rusli Bintang), Rektor (Dr. M. Hakim Nyak Pha) dengan Kakanwil Depkes Daerah Istimewa Aceh yang  menyepakati pelaksanaan pengajaran.  Perkembangan FKM kembali diperbaharui melalui Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 477/D/T/2006 tanggal 03 Februari 2006, tentangPendirian Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Abulyatama.

VISI

Pada Tahun 2020 menjadi Pusat Pengembangan Ilmu Kesehatan Masyarakat terkemuka di Aceh dan Nasional yang melahirkan sumber daya manusia yang profesional dan unggul serta tanggap bencana dengan berlandaskan Iman dan Taqwa.

MISI

  • Menyiapkan peserta didik yang professional dan mampu bersaing secara
  • Menyelenggarakan Pendidikan akademik yang berinovasi dalam
  • Menemukan dan mengembangkan IPTEK kesehatan masyarakat yang berorientasi keislaman.
  • Melaksanakan pendidikan akademik strata satu (S1) dibidang Ilmu Kesehatan Masyarakat untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai keunggulan kompetitif secara nasional.
  • Menjadi fakultas yang responsive sebagai pemelihara dan pengembangan ilmu kesehatan masyarakat yang peka terhadap masyarakat yatim dan dhuafa.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan serta berkemampuan dalam hal tanggap bencana.

TUJUAN

Sesuai dengan misinya maka Tujuan pendidikan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Abulyatama ialah mendidik mahasiswa melalui serangkaian pengalaman belajar menyelesaikan suatu kurikulum pendidikan sehingga cukup pengetahuan dan keterampilan serta sikap dan tingkah laku untuk :

  1. Menguasai dasar-dasar keilmuan, substansi dan keterampilan dalam bidang kesehatan masyarakat sehingga mampu mengidentifikasi, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah.
  2. Menghasilkan Lulusan yang memiliki integritas kepribadian yang tinggi, berdaya saing tinggi, profesional, relevan dengan dunia kerja, serta memiliki tanggung jawab moral dalam pengembangan ilmu Kesehatan Masyarakat.
  3. Mampu bersikap dan berprilaku secara profesional dalam berkarya dibidang AKK, Epid, Kesling, Kesehatan Kerja, Ilmu Perilaku dan Bencana.
  4. Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan tehnologi dibidang kesehatan masyarakat sesuai dengan bakatnya dan berpedoman pada pendidikan sepanjang hayat.[]
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *