Fakultas Hukum Universitas Abulyatama

BERDIRINYA Fakultas Hukum Universitas Abulyatama merupakan konsekuensi dari usaha pengembangan Universitas dalam rangka memenuhi berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Awal Berdirinya Fakultas Hukum maka diangkat pimpinan pertama Fakultas Hukum terdiri dari:

Dekan                             : Dr.H.M.Hakim Nyak’ Pha, S.H.,DEA

Pembantu Dekan I      : Abdul Muis,S.H

Pembantu Dekan II     : Rubani A.Gani,S.H

Pembantu Dekan III   : Sofyan Ibrahim, S.H

Pada tahun 1989 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI No.210/0/1989 Fakultas Hukum memiliki empat jurusan yaitu Jurusan Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara dan Hukum Internasional dengan status “diakui”.

Pada tahun 1990 Fakultas Hukum Universitas Abulyatama secara terus menerus meningkatkan identitas dirinya dan didorong oleh rasa optimis dari Pimpinan Yayasan dan Pimpinan Universitas, maka dari status “diakui” menjadi status “disamakan” dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0449/0/1990, untuk jurusan Hukum Perdata, Hukum Pidana,Hukum Tata Negara sedangkan yang lainnya masih berstatus “diakui”.

Pada tahun 1993 dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.17/D/1993 tentang Kurikulum yang berlaku secara Nasional Pendidikan Tinggi Program Sarjana dibidang Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum dijadikan satu Progam Studi Ilmu Hukum dengan status “disamakan”.

Sesuai dengan tututan masyarakat terhadap suatu kemajuan yang harus terus dipacu agar mencapai tingkat yang lebih baik, maka Pimpinan Yayasan, Pimpinan Universitas dan Fakultas Hukum Universitas Abulyatama telah berusaha dengan gigih untuk memperbaiki mutu pendidikan tersebut Hal ini terbukti dengan terakreditasi Fakultas Hukum Universitas Abulyatama dengan nilai “B” sesuai dengan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No : 002 / BAN – PT / Ak – XII / SI / 2009.

VISI

Menjadi Fakultas Hukum berkualitas unggul berbasis riset serta profesionalisme menjunjung tinggi nilai-nilai moral serta  bertaqwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa.

MISI

  • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan hukum yang berorientasi pada profesionalisme.
  • Meningkatkan kualitas tenaga dosen guna menghasilkan lulusan yang berguna bagi nusa dan negara.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian hukum dan pengapdian masyarakat yang berguna bagi pendidikan hukum pada khususnya, dan pembangunan nasional pada umumnya.
  • Memperkuat dan memperluas jaringan kemitraan dengan instansi Pemerintah dan Swasta baik di bidang kenotariat, advokasi dan lembaga-lembaga Bantuan Hukum serta instansi pendidikan.
  • Mempertajam kecerdasan spriritual, emosional, dan

TUJUAN UMUM

Menghasilkan Lulusan yang berkualitas, sehingga mampu mengembangkan diri dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

TUJUAN KHUSUS

  • Menghasilkan sarjana yang unggul dalam pengetahuan ilmu hukum, berkepribadian dan mandiri, mempunyai kemampuan professional dan etika, memiliki intergritas dan tanggung jawab yang tinggi serta mempunyai kemampuan untuk mengembangkan diri.
  • Menghasilkan kualitas sumber daya menusia dalam pengembangan ilmu hukum.
  • Meningkatkan suasana akademik yang kondusif, dan menjunjung tinggi tata nilai moral.
  • Menjadikan pusat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, pemberdayaan dan pelayanan dibidang ilmu pengetahuan hukum.[]
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *