Fakultas Pertanian Universitas Abulyatama

Pendirian Fakultas Pertanian Universitas Abulyatama, pada dasarnya dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan kesempatan kepada generasi muda untuk melanjutkan pendidikan dibidang Pertanian. Kehadiran Fakultas ini tidak terlepas dari sejarah berdirinya Universitas Abulyatama yang merupakan pengembangan dari STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan)  Abulyatama. Berbeda dengan universitas lain pada umumnya, pendirian Universitas Abulyatama didasarkan pada pemikiran yang mendasar yaitu untuk menyantuni anak yatim dan meningkatkan kualitas umat.

Fakultas Pertanian Universitas Abulyatama mulai didirikan pada Tahun 1984 dengan Surat Keterangan Persetujuan Sementara Nomor : 200/SK/Kop.I/84, seiring dengan pengembangan ST-KIP Abul Yatama menjadi Universitas Abulyatama, membuka tiga Jurusan yaitu Jurusan Budidaya Pertanian, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian dan Jurusan Peternakan.

Pada tahun 1985 dengan SK. Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan R.I No. 0415/0/1985 tanggal 1 Oktober 1985 Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian, Jurusan Budi Daya Pertanian Program Studi Budi Daya Pertanian dan Jurusan Peternakan Program Studi Peternakan memperoleh Status terdaftar. Kemudian berdasarkan SK Mendikbud No.0210/0/1989, tanggal 11 April 1989, Fakultas Pertanian Universitas Abulyatama mendapatkan Status Diakui untuk Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian, Jurusan Budi Daya Pertanian Program Studi Budi Daya Pertanian dan Jurusan Peternakan Program Studi Peternakan. Selanjutnya Peningkatan Status dari Diakui menjadi Disamakan sampai dengan terakreditasi terus diupayakan dan dipertahankan sesuai perkembangan kebutuhan sarjana pertanian dan peternakan.

VISI

Menjadikan Fakultas Pertanian Universitas Abulyatama pada tahun 2017 sebagai lembaga yang memiliki keunggulan dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dibidang Ilmu Pertanian dan Peternakan serta menghasilkan lulusan berkualitas, profesional, berwawasan lingkungan dan kebangsaan, memiliki semangat kerakyatan dan beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

MISI

  • Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiata Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
  • Meningkatkan kualitas akademik dengan menyesuaikan kurikulum yang mengarah ke kurikulum berbasis kompetensi, keselarasan/kesepadanan (link and match), untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja.
  • Meningkatkan daya dukung sarana dan prasarana secara berkelanjutan.
  • Meningkatkan kualitas tenaga pengajar sesuai dengan
  • Memperluas jaringan kerjasama dan kemitraan baik dengan institusi pemerintah maupun swasta.
  • Mempertajam kecerdasan Spritual, Emosional dan kecerdasan Intelektual.
  • Mengembangkan iklim akademik yang beretika, kondusif, dinamis dan demokratis.
  • Melanjutkan penyantunan anak yatim dengan tetap memperhatikan kelangsungan pendidikannya

 

TUJUAN UMUM

Menghasilkan lulusan yang berkualitas,  sehingga mampu mengembangkan diri dalam bidang tridharma           perguruan tinggi.

TUJUAN KHUSUS

  • Mewujudkan Kelembagaan Fakultas Pertanian Universitas Abulyatama sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memiliki kompetensi dalam menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Menghasilkan lulusan berwawasan lingkungan, kebangsaan, kerakyatan, memiliki kompetensi keilmuan di bidang Pertanian dan Peternakan, profesional dalam merancang, mengevaluasi dan penerapan konsep pembangunan pertanian yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.
  • Memberikan jasa konsultasi bidang keilmuan Pertanian dan Peternakan melalui pengembangan kemitraan dan jaringan kerja sama dengan berbagai pihak pengguna jasa.[]
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *