Mengenal Fakultas Pertanian Unaya

Pada tahun 1984, berbekal dengan surat persetujuan sementara nomor 200/SK/Kop.I/84 Fakultas Pertanian resmi didirikan. Fakultas yang didirikan seiring dengan pengembangan STKIP Abulyatama menjadi Universitas Abulyatama didirikan dengan maksud memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk melanjutkan pendidikan di bidang Pertanian. Fakultas Pertanian memiliki tiga jurusan yaitu Jurusan Budidaya Pertanian, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian dan Jurusan Peternakan.

Setahun kemudian, dengan SK. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I No. 0415/01/985 tertanggal  1 Oktober 1985 Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Program Studi Budidaya Pertanian  dan Jurusan Peternakan Program Studi Peternakan memperoleh status terdaftar. Kemudian pada tahun 1989 Fakultas Pertanian Universitas Abulyatama mendapatkan status diakui untuk Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Program Studi Ekonomi Pertanian, Jurusan Budi Daya Pertanian Program Studi Budi Daya Pertanian dan Jurusan Peternakan Program Studi Peternakan berdasarkan SK Mendikbud No. 0210/0/1989 tepatnya tanggal 11 April 1989.

Kemudian semua program studi dilingkungan fakultas Pertanian memperoleh status disamakan, dimana untuk tahap pertama pada tahun 1990 berdasarkan SK Mendikbud nomor 0440/0/1990 untuk Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian, kemudian secara bersamaan, pada tanggal 21 Maret 1991 dengan SK  Mendikbud Nomor 0126/0/1991 untuk Program Studi Budi Daya Pertanian dan Program Studi Produksi Ternak. Tidak sekedar memperoleh status disamakan, semua program studi di Fakultas Pertanian juga telah memperoleh peringkat akreditasi dari BAN-PT.

Fakultas pertanian sebagai salah satu fakultas tertua di Unaya, telah dipimpin oleh beberapa orang dekan, dimulai oleh Drs, M, Diah Husen sebagai dekan pertama, beliau memimpin dari tahun 1984-1988 kemudian dilanjutkan pada periode kedua pada tahun 1988 sampai dengan 1992. Untuk periode ketiga, Fakultas Pertanian dipimpin oleh Prof. DR. Ir. H. Muhammad Hasan Su’ud, M. S.E medio 1992 sampai dengan 1996, kemudian dilanjutkan pada periode 2000 hingga 2006. Beliau memimpin selama tigga periode yang berakhir pada periode 2000 sampai dengan 2006. Periode selanjutnya dari tahun 2006 sampai dengan 2010 Fakultas pertanian dipimpin oleh Dr. Ir. H. Adli Yusuf, M.S dan sejak 2010 sampai dengan 2014 Ir. Firdaus, M. Si mengambil alih estafet kepemimpinan Fakultas pertanian dan beliau dipercayakan kembali untuk memimpin fakultas pertanian untuk satu periode berikutnya.

Untuk menunjang perkuliahan mahasiswa, Fakultas Pertanian didukung oleh fasilitas-fasiltas berupa Green House yang berfungsi menaman tanaman musiman seperti jagung, cabai, kacang panjang kacang kedelai, di green House seluas 25 X 5 meter ini mahasiswa bisa melakukan praktek penanaman tanpa menggunakan lahan dan ruang yang tidak terhindar dari matahari secara langsung. Fasilitas lainnya adalah kebun percobaan seluas 800 meter persegi yang difungsikan untuk melakukan penelitian-penelitian para mahasiswa. Tidak hanya itu, untuk lahan-lahan prakterk mahasiswa juga terdapat di Jantho, Aceh Besar. Untuk meningkatkan daya saing dan kompetensi mahasiswa, Fakultas pertanian juga menjalin kerjasama dengan Balai Pengelolaan Tanaman Pangan dan Hortikultura Aceh.

Untuk tenaga pengajar, Fakultas pertanian didukung oleh 20 orang lebih dosen dengan latar belakang pendidikan rata-rata strata dua.  Setiap tahunnya, mahasiswa fakultas pertanian terus meningkat hingga 30 %.

(Reportase: Muslim)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *