Ini Dosen Unaya Peneliti Reaktor Fluidisasi Biomasa

DI bangku di depan Fakultas Teknik beberapa orang sedang asik berdiskusi, entah apa yang dibicarakan tetapi dari jauh sudah terlihat bahwa diantara orang-orang tersebut terdapat beberapa orang mahasiswa dan juga dua orang dosen.

Saya mendekati kelompok orang tersebut dan kemudian menyalami salah satu dari mereka yaitu Muhtadin, ST., MT. sebenarnya disana masih ada satu orang dosen lagi untuk saya sapa yaitu Mahyudin, ST., MT tetapi karena melihat beliau sedang asik berdiskusi dengan mahasiswa maka saya tidak menyapa beliau karena takut terganggu konsentrasinya.

Memakai baju kemaja berwarna putih dengan lengan digulung sampai ke siku, Bang Muhtadin, begitu ia biasa dipanggil memulai pembicaraan dengan menanyakan apa kabar kepada saya. Tampilan wajah yang serius dan santai menemani pembicaraan kami dibangku yang terbuat dari beton tersebut, Rabu (9/06/2015).

Tak lama, kami pun pindah menuju ruang beliau yang ada di fakultas Teknik. Setalah mengambil posisi duduk yang nyaman, kami melajutkan pembicaraan, beliau bercerita banyak tentang fakultas Teknik Unaya semenjak masih mahasiswa hingga sekarang sebagai dosen di tempat yang sama.

Kala itu, Bang Muhtadin melanjutkan, Muhtadin melakukan penelitian terhadap reaktor Fluidisasi Biomasa yang berfungsi untuk menghasilkan uap dibawah bimbingan Ir. Hamdani, MT., bersama Muhtadin kala itu, Faisal, ST MT, dan Mahyudin, ST.,MT, sebagai tim mereka secara bersama-sama melakukan penelitian.

Bang Muhtadin sendiri melakukan penelitian dibidang uji eksperimental pembakaran biomasanya. Pria kelahiran Idi, 23 September 42 Tahun silam itu menuturkan, Reaktor Fluidisasi Biomasa tersebut merupakan kepunyaan dari Dr. Mahidin dosen Teknik Kimia Unsyiah yang dipercayakan untuk diteliti kepadanya, mereka terus berkreasi melalui serangkaian percobaan terhadap alat tersebut, hasilnya sangat memuaskan

Pembimbing mereka saat itu menyampaikan dari beberapa penelitian yang pernah dilakukannya pada alat yang sama, baru kali bisa terjadi pembakaran dengan hasil diatas 1000 derjat celsius.

Untuk mendapatkan hasil demikian, Muhtadin melakukan modivasi didasarnya bernama Perforated Plate, dimana alat tersebut merupakan lempengan-lempengan plate yang dimodifikasi berupa lubang-lubang untuk meneruskan udara yang ditiupkan dari blower. Kemudian ada satu alat didalamnya yang saya buat untuk mengarahkan udara yang ditiup menjadi cukup, dan ini mempercepat proses pembakaran “untuk 2,5 kilogram bahan bakar, kami hanya membutuhkan waktu dalam hitungan detik” ujarnya.

********

Sosok Muhtadin memang dikenal dekat dengan mahasiswa, suami dari Maryati, ST., MT ini sering diajak berdiskusi oleh mahasiswa “bahkan yang tidak penting pun didiskusikan” katanya sambil tertawa.

Gayanya yang santai dengan badan berisi ditambah berpakaian yang tampil apa adanya menampakkan ciri khasnya sebagai orang teknik, namun begitu, dia adalah sosok yang terbuka terhadap siapa saja.

Tidak hanya dilingkungan kampus, di Ajuen Lamhasan, tempat dia menetap saat ini juga aktif dikegiatan-kegiatan kemasyarakatan, iya pernah menjabat sebagai ketua pemuda dan panitia Pemilu dan juga pemilihan Geuchik setempat. Selain itu, awal-awal Tsunami Muhtadin juga aktif di memberikan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat melalui Australia Indonesia Partnership for Reconstruction and Development-LOGICA medio 2006 sampai 2007. Saat ini Muhtadin dipercayakan sebagai Kepala Laboratorium Jurusan Teknik Mesin Universitas Abulyatama.

Menghadapi mahasiswa di perkuliahan, pria yang pernah aktif di Senat Fakultas Teknik Unaya tahun 1994-1995 ini punya metode tersendiri, meski berlatar belakang Teknik, Muhtadin selalu menggunakan pendekatan moral “ini sangat penting menurut saya, karena pendekatan moral akan selalu berbekas kepada mahasiswa tersebut” ujarnya.

Soal pengalaman mengikuti training, Muhtadin punya segudang pengalaman, Teknologi of Partisipation (TOP) Training, AIPRD-LOGICA Porject in PT. ARUN LNG Housing Complex, di Lhokseumawe tahun 2006, Village Spatial Planning and Photographer Orientation Training AIPRD-LOGICA di Banda Aceh tahun 2006, Job Training in PT.AAF Lhokseumawe tahun 1997 adalah beberapa dari sekian banyak training yang pernah diikutinya.

Muhtadin punya pandangan khusus untuk pemuda, regenarasi adalah satu hal yang menjadi kewajiban baginya, baginya regenarasi kepemudaan harus disiapkan dari sekarang, baik itu di lembaga pendidikan maupun ditempat lainnya, karena hidup ini akana ada akhirnya, “ jadi visi saya jelas, bahwa sesorang itu harus tahu berasal dari mana dan akan berakhir dari mana” tutupnya.

Biodata :
Nama : Muhtadin, ST., MT
Tempat Tgl. Lahir : Idi, 23 September 1973
Pendidikan : STM Negeri Bireuen Tahun 1991
S1 Teknik Mesin Unaya Tahun 2000
S2 Teknik Mesin Unsyiah Tahun 2013
Alamat : Komplek Perumahan Ajuen Lamhasan. Lr. Dahlia No. 3 Kec. Peukan Bada Kab. Aceh Besar.
Email : adeenisme@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *