Lebih Lengkap tentang Fakultas Ekonomi Unaya

FAKULTAS Ekonomi adalah salah satu pilar penting di Universitas Abulyatama, Aceh. Terbilang berusia matang, sudah ada sejak 10 September 1984 melalui izin operasional Kopertis Wilayah I Medan Nomor 200/SK/KOP/1984 Fakultas Ekonomi Universitas Abulyatama resmi didirikan.

Untuk tahap awal, Fakultas Ekonomi membuka dua program Studi yaitu Ekonomi Pembangunan dan Managemen. Melihat perkembangan saat itu, dimana Universitas Abulyatama terus bergerak maju dan memenuhi kebutuhan zaman, pada 1985 Fakultas Ekonomi menambah satu program studi, Akuntansi.

Lahir dengan semangat untuk mencerdaskan anak Bangsa, Fakultas Ekonomi membawa visi untuk menjadi Fakultas Ekonomi yang memiliki keunggulan akademis di Aceh, menjunjung tinggi sikap wirausaha, beretika, dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Tentunya visi tersebut haruslah dibarengi dengan misi yang jelas demi terwujudnya cita-cita yang diinginkan, maka melalui kajian yang mendalam dengan melibatkan semua pihak, baik dari Sivitas Akademika, Alumni, Pengguna Alumni serta Stakeholders yang relevan, Fakultas Ekonomi mengemban Misi untuk :

1. menyelenggarakan dan mengembangkan proses pendidikan yang sesuai dengan tuntutan masyarakat pengguna melalui penerapan kurikulum berbasis kompetensi.

2. Meningkatkan Kompentensi tenaga pendidik, meningkat kualitas lulusan yang unggul, Inovatif, Beretika, Menjunjung tinggi sikap berwirausaha, dan Bertawa kepada Allah SWT.

3. Meningkatkan kuantitas dan Kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat yang berguna bagi pengembangan ilmu ekonomi dan aplikasinya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

4. Meningkatkan suasana akademik yang kondusif dan Islami.

5. Dan memperluas jaringan kerjasama dengan stakeholders dan pusat pelayanan jasa Sebagai fakultas yang profesional dan memilki Visi dan Misi yang jelas, Fakultas Ekonomi memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing dan mampu menganalisis permasalahan sesuai dengan bidang studi, meningkatkan kompetensi tenaga pendidik melalui pendidikan S3 dan kegiatan ilmiah lainnya.

Meningkatkan kualitas lulusan yang unggul, inovatif, beretika, menjunjung tinggi sikap berwirausaha dan bertaqwa kepada Allah SWT. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berguna bagi pengembangan ilmu dibidang ekonomi dan aplikasinya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan suasana akademik yang kondusif dan Islami dan memperluas jaringan kerjasama dengan stakeholders dan pusat pelayanan jasa keilmuan.

Lalu apa sasaran yang ingin dihasilkan? Menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing dan mampu menganalisi permasalahan sesui dengan bidang studi adalah sasaran yang harus dicapai.

Tidak hanya itu, juga meningkatnya kompetensi tenaga pendidik melalui pendidikan S3 dan kegiatan ilmiah lainnya, dihasilkannya karya Ilmiah inovatif dalam bidang ekonomi yang bermanfaat bagi perkembangan keilmuan dan kesejahteraan masyarakat, dihasilkannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Juga menanamkan sikap beretika, diterapkannya nilai-nilai Islami dan terbentuknya sikap berwirausaha dikalangan dosen dan mahasiswa.

Selain itu juga meningkatnya kerjasama dengan stakeholders guna mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi juga merupakan sasaran yang ingin dicapai oleh Fakultas Ekonomi Universitas Abulyatama.

Fasilitas di Fakultas Ekonomi

Untuk mewujudkan iklim akademik yang baik dan menghasilkan lulusan yang baik pula, tentunya fasilitas pokok dan pendukung menjadi hal yang sangat penting keberadaannya. Untuk itu Fakultas Ekonomi Universitas Abulyatama menaruh perhatian lebih, terbukti dari fasilitas-fasilitas yang dimilikinya, antara lain ruang belajar-mengajar yang nyaman dan full AC, adanya bank mini, laboratorium komputer, perpustakaan dengan ketersediaan buku yang memadai. Pusat Studi Kajian Pembangunan Ekonomi dan Bisnis juga dimiliki oleh fakultas

Tidak hanya dari segi fisik, Fakultas Ekonomi Universitas Abulyatama juga memilki berbagai macam fasilitas belajar-mengajar lainnya yang tergolong modern, misalnya di program studi Akuntansi saat ini sudah ada aplikasi Zahir Accounting yang dapat difungsikan untuk menghitung dana masuk dan keluar secara mudah dengan sistem komputer. Dalam pengolahan data, Prodi Ekonomi Pembangunan (EKP)memiliki software Shazam yang dapat mempermudah para mahasiswa dalam melakukan pengolahan data.

Tidak hanya itu, Fakultas Ekonomi Universitas Abulyatama tidak hanya terfokus pada kegiatan-kegiatan dikampus semata, untuk memberikan pengalaman yang lebih bagi mahasiswa,

Fakultas Ekonomi juga mengadakan pelatihan-pelatihan kewirausahaan dengan pihak ketiga. Di antaranya dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sehingga menjadi nilai tambah tersendiri bagi para mahasiswa baik dari segi pola pikir, kemampuan skill, dan kreativitas mahasiswa dalam menghadapi dunia setelah kampus.

Menyangkut tenaga pengajar, proses belajar mengajar dan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Abulyatama memiliki banyak tenaga pengajar dengan latar belakang jenjang pendidikan 70% adalah Pasca Sarjana, Doktorl 4% dan 26 % sisanya sedang menempuh S2.

Ini merupakan komitmen Fakultas Ekonomi untuk terus meningkatkan kualitas tenaga pengajarnya sehingga iklim belajar-mengajar di Fakultas Ekonomi benar-benar menjadi perhatian utama demi memberikan satu jaminan bagi mahasiswa untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang maksimal.

Hingga saat ini, Fakultas Ekonomi Universitas Abulyatama sudah memiliki sebanyak 23 orang dosen tetap. Selain itu,untuk jabatan fungsional Dosen Fakultas Ekonomi dimana 24 %nya terdiri dari Lektor Kepala, Lektor 24 % dan sisanya Asisten Ahli 52 %.

Sementara itu, jumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Abulyatama dihitung dari tahun 2009-2013 berjumlah sebanyak 391 orang mahasiswa.

Kurikulum yang diterapkan di Fakultas Ekonomi Universitas Abulyatama telah berbasis kompetensi dan transformasi pembelajaran dari TCL (Teaching Centre Learning) ke SCL (Student Centre Learning). Fakultas juga mengarahkan struktur kurikulum meliputi adanya Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian ( MPK), Mata Kuliah Keahlian Perilaku Berkarya (MPB) dan Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).

Tentunya, setiap mata kuliah tersebut memiliki kontribusi yang jelas dengan kompetensi prodi dan memiliki keterkaitan yang jelas sehingga pencapaian kompetensi dapat dicapai secara bertahap.

Kualitas suatu kampus bisa dilihat dari seberapa banyak alumni yang dapat terserap dalam masyarakat melalui berbagai macam usaha dan dunia kerja lainnya.

Saat ini, Fakultas Ekonomi Universitas Abulyatama telah menghasilkan banyak lulusan yang mampu bersaing didunia kerja, tidak melulu sebagai PNS, para lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Abulyatama juga berkecimpung dalam berbagai bentuk usaha-usaha mandiri lainnya, sehingga lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Abulyatama tidak hanya dibentuk sekedar mencari pekerjaan tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan. | Laporan: Muslim

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *