UNAYA Gelar Seminar Nasional di Penghujung Tahun 2019

Universitas Abulyatama gelar Seminar Nasional di penghujung tahun 2019 tepatnya tanggal 12 Desember 2019. Pada seminar kali ini UNAYA| Universitas Abulyatama gelar Seminar Nasional Multidisiplin ilmu. Adapun dari empat pemakalah utama salah satunya termasuk Rektor Universitas Abulyatama R. Agung Efriyo Hadi, Ph.D.  yang menjadi pemakalah dengan tema “ Penguasaan IoT Tantangan dan Tuntutan Dunia Kerja di Era IR 4.0” berlangsung, Kamis (12/12/2019) di gedung Nyak Syeh Universitas Abulyatama.

Ketua LPPM Universitas Abulyatama, Murni, Ph.D dalam sambutannya mengatakan, kegiatan seminar tersebut akan diupayakan diadakan setiap tahunnya. Dimana kegiatan seminar ini memberikan kontribusi bagi para dosen dan mahasiswa baik umum maupun lokal dalam publikasi karya ilmiah. Menurutnya, seminar tersebut diharapkan mampu memperkaya ilmu pengetahuan tentang beragam bidang ilmu dalam memperkaya khasanah keilmuan.

 Dalam kegiatan seminar ini, turut mengundang Prof. Dr. Jamaluddin, M.Ed, Guru Besar Manajemen dan Evaluasi Pendidikan UIN Ar-Raniry  dalam makalahnya Prof Jamal  mengangkat tema ” Peran Pendidikan Tinggi dalam Mencetak SDM yang Kompetitif di Era Revolusi Industri 4.0 “ dalam makalahnya ia memaparkan inovasi yang akan menggantikan seluruh sistem lama dengan cara-cara baru.

Kegiatan seminar ini mengangkat tema multi disiplin ilmu, dengan menghadirkan Prof. Dr. Ir. Sri Aprilia, MT Dosen Teknik Kimia Universitas Syiah Kuala sebagai pemakalah tamu, dalam makalahnya Prof Sri Aprilia memaparkan kajian “ POLIMER KOMPOSIT BERBASIS NANOSELULOSA DARI LIMBAH PERTANIAN SOLUSI MATERIAL MASA DEPANuntuk berbagai aplikasi dimasa depan sebagai material yang akan berkembang sebagai wujud revolusi industri.

Pemakalah tamu ditutup oleh tuan rumah Dr. Asmawati, M.Si yang menggangkat tema “ Dampak Industri 4.0 pada Pasar Kerja dan Pendidikan Tinggi” dalam makalahnya Dr Asma Menyampaikan tahapan revolusi industri yang akan mempengaruhi pasar kerja dan Pendidikan tinggi. Diakhir sesi beliau menyampaikan Perguruan Tinggi harus melakukan menyesuaikan konten kurikulum dan perubahan besar dalam cara pembelajaran di ruang kuliah sesuai dengan pendidikan 4.0 untuk pencapai empat kompetensi di maksud dan menghasilkan lulusan yang inovatif dan siap bersaing di era industri 4.0.

Seminar sehari ini diikuti oleh 170 peserta, yang terdiri dari mahasiswa dan dosen baik sebagai pemakalah maupun peserta, dari luar dan dalam Universitas Abulyatama. Kegiatan berlangsung khidmat dan lancar sampai akhir proses kegiatan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *