UNAYA & UNMUHA GELAR PELATIHAN OTOMASI DAN PELAYANAN MANDIRI PERPUSTAKAAN BERBASIS RFID

Banda aceh, 14 april 2018 telah dilaksanakan kegiatan pelatihan otomasi dan pelayanan mandiri perpustakaan berbasis RFID di Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) yang bekerjasama dengan Perpustakaan Universitas Abulyatama (Unaya) Read more

Unaya-Unmuha Kerjasama Bidang Perpustakaan

Universitas Abulyatama  (Unaya) menjalin kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) yang berlansung di kampus Muhammadiyah Aceh, Batoh Banda Aceh, Selasa (13/2/2018).

Penandatanganan nota kesepahaman antara Perpustakaan Universitas Abulyatama Aceh (Unaya) dengan Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) tersebut ditandatangani langsung oleh Rektor Unaya Ir. R Agung Efriyo Hadi, M.Sc, Ph.D yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Usman, S.Pd., M.Si dan Rektor Unmuha Dr. H. Muharrir Asy’ari, Lc. M.Ag

Acara penandatanganan tersebut juga disaksikan oleh Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang diwakilkan oleh Kepala Humas Unsyiah Husni Friady, ST, MM dan kepala UPT Perpustakaan Unsyiah Dr. Taufik A. Gani, S.Kom, M.Eng.Sc.

Wakil Rektor I Unaya Bidang Akademik Usman, S.Pd., M.Si mengatakan, penandatangan ini tujuannya untuk peningkatan kualitas pustakawan melalui praktik magang, pelaksanaan diklat dan peningkatan minat baca, pelaksanaan penelitian, pengabdian masyarakat, pengembangan kerjasama dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi,

Selain itu juga untuk pengembangan kerjasama dalam bidang softskills dan hardskills mahasiswa serta bisnis berbasis perpustakaan (Library entrepreneurship) dan pelaksanaan berbagi (sharing) informasi bahan pustaka cetak dan non cetak, Ujar Usman.

Setelah seremonial penandatangan kerjasama tersebut juga di lanjutkan kegiatan pelatihan otomasi dan pelayanan mandiri perpustakaan berbasis RFID dengan materi mengenai pengenalan teknologi perpustakaan modern, SLIMS, Demonstrasi Encode RFID, Protokol SIP2, diskusi dan simulasi pelayanan RFID oleh narasumber Dr. Taufik A. Gani, S.Kom, M.Eng.Sc, dan tim IT Perpustakaan Unsyiah.

ALUMNI FAKULTAS PERTANIAN ABULYATAMA JADI TRAINER BUDIDAYA TANAMAN HIDROPONIK.

Institute Pergerakan melakukan pelatihan tanaman hidroponik kepada mahasiswa, masyarakat dan pengawai negeri sipil di  Lilo Banda Aceh, 27 – 28 Januari 2018.

Acara tersebut di isi oleh trainer budidaya tanaman Hidroponik alumni Fakultas Pertanian Universitas Abulyatama.

Institut Pergerakan Rudi Bastiar dalam kesempatannya menyampaikan pelatihan tersebut bertujuan untuk memamfaatkan pekarangan rumah masyarakat untuk menanam tanaman hidroponik.

Selain Rudi, Marzukri, dalam kesempatannya  menyampaikan budidaya tanaman hidroponik ini mudah dilakukan masyarakat dengan memanfaatkan pipa bekas. Marzukri menambahkan selain biaya perawatannya yang murah, tanaman ini  bebas kesehatan sehingga aman untuk dikonsumsi masyarakat luar. Demikian sebut alumni Abulyatama ini.

Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru FKIP UNAYA 2018

FKIP Universitas Abulyatama membuka  kesempatan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan Strata Satu (S1) pada Program Studi Penddk Matematika, Pendd. Biologi, Pendd. Bhs Inggris, Pendd. Bhs Indonesia, Pendd Penjaskesrek, Pendd Pancasila dan Kewarganegaraan dan Pendd Fisika.

Bagi yang berminat silakan mendaftar ke kampus Universitas Abulyatama sampai dengan bulan Juli 2018. Bila ingin mendapatkan informasi lebih lanjut silakan menghubungi tersebut nama dibawah ini:

  • Lensoni, M.Kes                 (Hp. 081318801130)
  • Sri Veria                             (Hp. 081269416760)
  • Miftahul Jannah, S.Pd    (Hp. 08126944170)
  • Usman M.Si                      (Hp. 081360677772)
  • Akhyar M.Si                      (Hp. 0811684589)
  • Riki Musriandi, M.Pd     (Hp. 085296631334)

FKIP Universitas Abulyatama membuka peluang bagi calon mahasiswa prestasi melalui jalur Beasiswa Bidik Misi, Beasiswa Prestasi Akademik, Baitul Mall. Siapa cepat, akan dapat kuota beasiswa bidik misi.

Dosen UNAYA Dapat Hibah Penelitian DIKTI

Universitas Abulyatama Aceh berhasil memenangkan hibah penelitian yang diadakan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat untuk tahun anggaran 2018. Berbagai skim penelitian yang dimenangkan oleh para dosen yaitu: Penelitian Disertasi Doktor, Penelitian Kerjasama Perguruan Tinggi, Penelitian Dosen Pemula

Hibah penelitian yang setiap tahun dibuka oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat ini merupakan ajang yang cukup bergengsi, karena adanya persaingan yang ketat antardosen yang mengajukan proposal. Dana yang disediakan bagi hibah penelitian ini juga cukup tinggi.

Dikatakannya, ini merupakan perjuangan dan kerjasama yang baik antara pihak dosen dan civitas akademika Unaya, sehingga Unaya kini telah memiliki dosen-dosen dengan jabatan fungsional dan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) sebagai prasyarat untuk mendapat hibah penelitian.

Sementara itu Rektor I Bidang Akademik, Usman, M.Si mengatakan atas nama Rektorat, pihaknya memberikan apresiasi luar biasa kepada LPPM dan Dosen Unaya

“Ini harus kita pertahankan dan kita tingkatkan kedepan, kita berharap kerjasama dan tim work terus dibangun untuk dapat memenangkan SKIM penelitian lainnya serta menuju pencapaian visi dan misi LPPM Unaya dan visi dan misi Universitas Abulyatama,” katanya.

Seperti diketahui Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek- Dikti) akan memperbanyak jumlah peneliti untuk menambah riset di Indonesia, dengan memberikan sejumlah beasiswa bagi jurusan-jurusan prioritas guna menggenjot minat peneliti di Indonesia dalam menciptakan karya ilmiah.

Dua puluh judul di atas merupakan penelitian lanjutan, sedangkan empat judul lainnya merupakan penelitian baru

WR III Unaya Lantik BEMF Perikanan

Aceh Besar-Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Perikanan Universitas Abulyatama pada selasa 23/01/2018 di lantik secara langsung oleh Rektor Univesitas Abulyatama Aceh yang di wakili oleh Wakil Rektor III dr. Iziddin Fadhil.

Pelantikan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Perikanan Abulyatama di hadiri langsung oleh Dekan Fakultas Perikanan Dr. Azwar Thaib, M. Si dan seluruh dosen di lingkungan Fakultas Perikanan Abulyatama

Dalam sambutan pembuka Wakil Rektor III dr. Iziddin Fadhil menyampaikan, Bahwa peran mahasiswa dalam mendidik generasi yang beritelektual dan berakhlakqul karimah adalah tanggung jawab bagi seluruh tenaga pendidik, dan mampu mendidik generasi yang benar-benar mempunyai integritas dalam membangun peradaban manusia yang berakhlak.

Sementara Dekan Fakultas Perikanan Abulyatama Dr. Azwar Thaib, M. Si dalam sambutannya menjelaskan, figur mahasiswa harus menjadi pelopor generasi insan yang berakhlaqul karimah dalam membangun generasi penerus bangsa.

Lebih lanjut dekan fakultas perikanan Abulyatama juga menambahkan pentingnya pemahaman ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi, “mampu bersaing pada tingkat global”.

Dengan demikian kedepan mahasiswa sebagai pelopor generasi penerus bangsa ini siap menghadapi segala tantangan.